PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP NILAI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEJARAH INDONESIA (Eksperimen pada Siswa SMA Swasta di Jakarta Timur)

Siti Wahyuni(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia siswa. Hipotesis penelitian yaitu: 1) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Pengetahuan dan Keterampilan Sejarah Indonesia secara Multivariat. 2) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Pengetahuan Sejarah Indonesia. 3) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Nilai Keterampilan Sejarah Indonesia. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X Sekolah Menegah Atas (SMA) Swasta di Jakarta Timur dengan besar sampel sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol, teknik sampling yang digunakan yaitu random cluster sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pengetahuan dan tes keterampilan setelah selesai pembelajaran. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia dengan uji validitas, reliabilitas, indek kesukaran dan daya beda. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan teknik Manova (Multivariate Analysis of Varians) dengan bantuan IMB SPSS Versi 20.

Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan dan keterampilan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur secara multivariate, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung =12,566. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai pengetahuan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur, hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 11,455. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap nilai keterampilan sejarah Indonesia siswa SMA Swasta di Jakarta Timur, hal ini dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,368.

Keywords


pendekatan pembelajaran; nilai pengetahuan; nilai keterampilan; manova (multivariate analysis of varians)

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, A. dkk. (2014). Buku Guru Sejarah Indonesia Kelas X. Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hasan, S.H. (2013). Informasi Kurikulum 2013. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surtikanti, dkk. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: UMS.

Wiyanarti, E. (2012). Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pengembangan Pembelajaran Sejarah. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).