REVITALISASI PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Novidya Yulanda(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini berawal dari opini yang berkembang di kalangan peserta didik, orangtua dan masyarakat bahwa IPS itu merupakan mata pelajaran yang membosankan dan dianggap sepele. Sehingga IPS kurang populer dan menjadi mata pelajaran “kelas dua” dimata peserta didik dan orang tua. Padahal pada dasarnya IPS merupakan sebuah mata pelajaran yang sangat penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Revitalisasi pembelajaran IPS dilakukan dengan memperbaiki kurikulum pendidikan IPS mulai dari konten (muatan) pembelajaran IPS , metode dan sumber pembelajaran IPS, serta revitalisasi dalam proses penilaian pembelajaran IPS. Revitalisasi ini diharapkan menjadi sebuah solusi mengembalikan mata pelajaran IPS kembali kepada tujuan awalnya yaitu untuk melatih dan meningkatkan hard skill dan soft skill salah satunya keterampilan berpikir kritis peserta didik sebagai bekal mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

Keywords


revitalisasi; keterampilan; berpikir kritis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hasan, Said Hamid. (2007). Revitalisasi Pendidikan IPS Dan Ilmu Sosial Untuk Pembangunan Bangsa. UPI. Makalah Seminar Nasional Revitalisasi Pendidikan IPS, UPI, Bumi Siliwangi.

NCSS. (2010). National Curriculum Standards For Social Studies: A Frame Work For Teaching, Learning, And Assessment.Washington, DC:Author.

Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Paul, R., & Elder, L. (2007). A guide for educators to critical thinking competency standards. Dillon Beach, CA; Foundation for Critical Thinking.

Pepkin K.L. (2004). Creative Problem Solving In Math. Tersedia di: http://www.uh.edu/hti/cu/2004/v02/04.html.

Sapriya. (2011). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Suyitno. (2004). Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Semarang:Pendidikan Matematika FMIPA UNNES

Undang-Undang No. 2 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).