PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Winaya Loka Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuatitatif. Dalam menentukan popolasi dan sampel mengunakan seluruh populasi sebagai sampel (sampel jenuh).Hasil penelitian maka dapat diambil simpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Dari hasil perhitungan diperoleh angka R adalah sebesar 0,217 yang berarti bahwa pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 0,217 yang mengindikasikan bahwa pengaruh tersebut adalah rendah.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, Suharsimi. (2004).Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto, Dkk. (2013).Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dedi Lazwardi, Sultan Djasmi, Sumadi,2013,Pengaruh Supervisi Kepala sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur,http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JMMP/article/view/2933/1864,Vol.1,No.2
Mahindra Wisnu Putra Pratama. (2016). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMP Negeri 9 Kota Malang), http:// administrasipublik. studentjournal. ub.ac.id/index .php /jap/article/ view /1320 ,Vol 4, No 6.
Purwanto, Ngalim. (2003).Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutisna Oteng ,(1989), Administrasi Pendidikan (Dasar Teoritis Untuk Prkatek Professional),Bandung: Angkasa.
Tabrani Rusyan dkk. (2000). Upaya Meningkatkan Budaya KinerjaGuru, Cianjur: CV. Dinamika Karya Cipta.
Tim Dosen. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Menengah
UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 , Sistem Pendidikan Nasional
UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).