TRANSFORMASI BUDAYA SEKOLAH MELALUI INTEGRASI NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI (STUDI KASUS SMA DAN SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Transformasi Budaya Sekolah melalui Integrasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus studi multi kasus di SMA Negeri 1 Tanjung Pura dan SMK Negeri 1 Tanjung Pura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlakul karimah seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan toleransi berhasil diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari di kedua sekolah. Guru-guru PAI memegang peranan penting tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dan pembimbing moral siswa, dengan pendekatan yang disesuaikan berdasarkan karakteristik peserta didik. Di SMA Negeri 1 Tanjung Pura, penerapan nilai akhlakul karimah lebih terfasilitasi melalui kegiatan keagamaan rutin, sementara di SMK Negeri 1 Tanjung Pura pendekatan dilakukan secara lebih kontekstual sesuai kebutuhan siswa vokasi. Perubahan budaya sekolah terlihat dalam peningkatan sikap sopan, partisipasi dalam kegiatan keagamaan, kesadaran menjaga kebersihan, serta berkurangnya konflik antar siswa. Meski demikian, terdapat tantangan dalam proses integrasi ini, seperti pengaruh negatif media sosial, keterbatasan jam pelajaran PAI, kurangnya konsistensi keteladanan, dan minimnya keterlibatan orang tua. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui pembelajaran PAI memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan budaya sekolah yang lebih religius dan berkarakter, dengan keberhasilan sangat bergantung pada keteladanan guru, dukungan lingkungan sekolah, serta relevansi pendekatan terhadap kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdurrahman, N. H. (2016). Character Education in Islamic Boarding School-Based SMA Amanah. Journal of Education and Practice, 7(4), 128–134.
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Efeksi Diri, Budaya Organisasi, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Batubara [Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan]. https://doi.org/http://repository.uinsu.ac.id/21297/
Dahirin, R. (2024). Integrasi Nilai-nilai keislaman Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Study Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 764–765.
Diajeng, R. F. D. P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Budaya Sekolah Untuk Membangun Karakter Peserta Didik di MI Masyariqul Anwar 7 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Hatta, M. (2018). Tindakan perundungan (bullying) dalam dunia pendidikan ditinjau berdasarkan hukum pidana Islam. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 41(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v41i2.488
Hidayati, S., Rahmi, W., & Yasri, A. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMAN 8 MEDAN. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2), 104–108. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/28
Iman, M. F. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2).
Lestari, P. (2021). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMA Negeri 7 Purworejo. Quality, 9(2), 293–310. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i2.12615
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publication.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Remaja Rosdakarya.
Nadia, V. (2022). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas IX MTs Darul Ma’arif Cipondoh Tangerang. UNUSIA.
Pratama, S., Siraj, A., & T, M. Y. (2019). Pengaruh budaya religius dan self regulated terhadap perilaku keagamaan siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 331–346. https://doi.org/https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.509
Rusdiana, A. (2017). Pemikiran Ahmad Tafsir tentang Manajemen Pembentuk Insan Kamil. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 2(2), 97–114. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/attarbawi.v2i2.978
Salabi, P. (2022). Studi tentang Pelembagaan Substansi Budaya Organisasi dalam Konsep Learning Organization. Journal Reflektika, 17(1), 63–94.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suprapto. (2008). Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan: Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Mutu Pendidikan Agama Islam. Pena Citasatria.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.29013
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















