PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN BINJAI
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) berbasis model pembelajaran Think Pair Share guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di MAN Binjai. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta minimnya penggunaan bahan ajar inovatif yang dapat mendorong kolaborasi dan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model 4D. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada uji kelayakan yang dilakukan ialah, pertama ahli materi dengan total 80,5% dan masuk dalam kategori layak untuk di gunakan. Selanjutnya yaitu ahli desain dengan hasil 100% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. (2) Hasil uji kepraktisan atau uji terbatas yang dilakukan dalam focus grup discussion (FGD) dengan 5 orang peserta yakni WKM kurikulum, guru Sejarah Kebudayaan Islam, dan 3 orang siswa ialah mendapatkan skor di atas 85% dengan rata-rata hasil skor yang didapat ialah 88,3% dan masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan (2) Uji efektivitas dilakukan dengan mengimplementasikan produk bahan ajar SKI berbasis Think Pair Share dalam proses pembelajaran di kelas. Hasilnya ialah didapati skor gain ternormalisasi (N-Gain) 0,63% dan ditunjukkan dalam kategori efektif. Hal ini menunjukan terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penggunaan bahan ajar ini, yang mencerminkan efektivitas model Think Pair Share dalam membangun pemahaman dan partisipasi aktif siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732
Adawiah, R., Munawwarah, I., Amalia, S., Hasibuan, R. S., & Akmalia, R. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan Islam Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di MTs Negeri 2 Tapanuli Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 405–410. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.702
Almasri, D. M. (2015). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kisah-kisah Nabi subtema 4 bencana alam untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas I SD Insan Amanah Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Amri, Y., & Rusman, A. A. (2023). Upaya Mengatasi Penyalahgunaan Gadget Dalam Proses Belajar Mengajar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 132–143. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.368
Bloom, B. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. David McKay Company Inc.
Caniago, H. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Labuhan Batu. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Fadly, A. (2015). Pengaruh Prestasi Belajar Micro Teaching dan Bimbingan Guru Pamong terhadap kemampuan Mengajar Mahasiswa dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Pendidikan Tata Niaga FE UNIMED. Jurnal Ilmiah UPT FE UNIMED, 3(2).
Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876
Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481
Hasanah, F. (2019). Pengembangan Modul Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Kronologis Menggunakan Model The Meaningfull Instruction Design (MID) Dalam Menginternalisasikan Nilai Kebermaknaan Pada Siswa Kelas X IIS 1 MA Bilingual Kota Batu. UI.
Hukmiah, F., & Babo, R. (2023). THE INFLUENCE OF THE THINK PAIR SHARE LEARNING MODEL ON COMMUNICATION ABILITY, PROBLEM SOLVING AND SCIENCE LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS. Jurnal IMProvement, 10(2). https://doi.org/10.21009/improvement.v10i2.38364
Isjoni. (2009). Cooperative Learning. Alfabeta.
Junaida, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Natar Lampung Selatan. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar e-modul dalam proses pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Pertama.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. ekata Group.
Muflihah, A., & Maksum, K. (2016). Penerapan Metode Scramble Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ski Kelas V Mi Al-Iman Sorogenen. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 61. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).61-75
Naziroh. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sdn 2 Kota Karang Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Ngalimun. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Aswaja Pressindo.
Ngalimun, D. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Nofitri, N., Sesmiarni, Z., & Zakir, S. (2024). Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3919–3938. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.834
Novita, N. S., & Junaida, R. H. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Pante Ceureumen.” RELATIVITAS: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2).
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Ratnasari, A. (2021). Meningkatkan Kreativitas, Hasil Belajar, dan Antusiasme melalui Teknik Pemodelan Kinestetik Produktif Berbantuan Media “3R Activity” pada Mata Pelajaran IPS. Paedagogie, 16(1). https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4824
Rosidi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Aktivitas Belajar PAI di SMAN 2 Gerung. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/secondary.v3i1.1941
Siahaan, A., Akmalia, R., Syahkila, A., Situmorang, M. S., Dahyanti, N., Harahap, T. S. A., & Ramadhan, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Al-Jihad Medan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 714–721. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4085
Siregar, S., & Yulianti, L. (2017). PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2033
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2014). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. XVIII. Remaja Rosdakarya.
Sulfemi, W. B., & Lestari, A. H. (2017). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 16(1), 1–17.
Wijaya, E. M. (2016). Pengembangan bahan ajar SKI berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs An-Nur Bululawang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Zahro, S. U. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Program Excellent Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28932
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















