STRATEGI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMP MUHAMMDIYAH AEK KANOPAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengkaji strategi manajemen sarana dan prasarana di SMP Muhammadiyah Aek Kanopan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualtatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawanacara, melakukan observasi dan dokumentasi yang melibatkan Kepala madrasah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana serta guru. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu strategi manajemen yang baik diterapkan melaui perencanaan yang baik, penggunaan sumber daya yang tepat dan meningkatkan produktivitas. Kemudian penerapan strategi dalam menciptakan motivasi belajar yang optimal serta peran kepala madrasah dalam mendukung penerapan strategi manajemen sarana dan prasarana. Faktor pendukung dalam strategi manajemen sarana dan prasarana yaitu kepala sekolah yang berkomitmen dalam meningkatkan kuallitas pendidikan, serta beberapa fasilitas yang sangat memadai dalam menunjang proses pembelajaran di dalam kelas. Faktor penghambat dalam strategi manajemen sarana dan prasarana yaitu keterbatasan anggaran dan terkadang kurangnya perencanaan yang matang. Jadi penelitian ini tidak hanya mengenai strategi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatka efisiensi tetapi juga untuk menillai keefektifan penerapan strategi manajemen dalam mendorong keaktifan belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ananda, R., & Banurea, O. K. (2107). Buku Manajemen Sarana Prasarana. Widya Puspita.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Widina Bhakti Persada.
Chotimah, S. H. (2021). Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana Dan Kompetensi Profesionalitas Guru Terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru Mtsn 8 Jombang. Tesis.
Hasnadi. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Bidayah, 12(2), 153164. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/bidayah.v12i2.728
Khairiah, Hidayat, M. N., Kurnia, I., Harmaida, M., Rusydi, I., & Warto. (2021). Mutu Kinerja Tenaga Pendidik (Guru) Dalam Manajemen Pendidikan Era Pandemic Covid-19. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 1(1), 2231
Majid, Ach. N. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Agama Islam Di Pesantren Kepulauan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 175182. Https://Doi.Org/10.36671/Andragogi.V1i3.66
Mantri, W. N., NM, N. A., & Wuryandini, E. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana di SMP Negeri 21 Semarang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4848-4853.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru (T. R. Rohidi, Penerjemah). Jakarta: UI-Press.
Nisa, K., Rahmi, T., & Sibula, I. (2024). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Dasar Berbasis Agama Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Optimalisasi Dan Strategi Pengembangannya. Jurnal Idaarah, 8, 130142.
Wijaya, W. & Rifai, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien. Perdana Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















