TINGKAT LITERASI PESERTA DIDIK BERDASARKAN DATA RAPOR PENDIDIKAN DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2024
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi ini menganalisis tingkat literasi peserta didik di enam Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di DKI Jakarta berdasarkan data rapor pendidikan tahun 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat literasi dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk peningkatan literasi peserta didik di SKB. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus, data diperoleh melalui analisis dokumen rapor pendidikan dan kajian literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi signifikan dalam capaian literasi antar SKB dengan beberapa SKB mengalami penurunan tajam, seperti SKB 03 yang skor literasinya turun 25,98 poin, sementara SKB 12 dan 29 menunjukkan peningkatan signifikan. Penurunan terutama terjadi pada kemampuan mengakses dan menemukan informasi (L1), serta kemampuan mengevaluasi dan merefleksikan teks (L3). Rekomendasi perbaikan mencakup peningkatan keterampilan dasar literasi, seperti kemampuan mengakses informasi, serta penguatan kemampuan analitis dan reflektif melalui latihan membaca terarah dan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menegaskan perlunya intervensi untuk meningkatkan kualitas literasi secara merata di seluruh SKB, dengan fokus pada penguatan kemampuan dasar dan keterampilan berpikir kritis.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Azoulay, A., & Antoninis, M. (2023). Global Education Monitoring (GEM) Report 2020. UNESCO. https://www.unesco.org/en/articles/gl obal-education-monitoring-gemreport-2020.
Dafit, A., & Ramadan, A. (2020). Penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 12-24.
Kemdikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Jakarta. Kemdikbudristek. (Maret, 2022).
Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan. Diakses dari https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/uplo ad/file/200_1648811699.pdf/
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101-112. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume III): What School Life Means for Students Lives. OECD Publishing.
Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142-159
Sukardi, S. (2021). Pengembangan budaya literasi di sekolah-sekolah Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 29-45.
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Utami, R. (2021). Laporan hasil survei PISA 2019 tentang literasi di Indonesia. Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















