PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP AL-HIDAYAH MEDAN
(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis langkah-langkah pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbimbing, menganalisis kelayakan modul berbasis inkuiri terbimbimbing, menganalisis efektivitas modul berbasis inkuiri terbimbimbing, dan menganalisis kepraktisan penggunaan modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru serta menyesuaikan modul dengan kurikulum yang berlaku. Pada tahap perancangan, struktur dan isi modul dikembangkan berdasarkan prinsip inkuiri. Setelah itu, modul diimplementasikan dalam proses pembelajaran untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa. Tahap akhir, yaitu evaluasi, dilakukan untuk menilai keberhasilan modul berdasarkan hasil uji coba, umpan balik dari siswa dan guru, serta perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas modul. Hasil pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing untuk Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Al-Hidayah Medan menunjukkan kelayakan tinggi (kategori sangat layak). Efektivitas modul diuji melalui pretest dan posttest, dengan N-Gain mengindikasikan perbedaan signifikan, membuktikan modul ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dari segi kepraktisan, modul mendapat respons positif di mana mayoritas siswa merasa senang menggunakannya serta menganggap bahasa dan tampilan jelas serta menarik. Temuan ini membuktikan bahwa modul tidak hanya efektif tetapi juga praktis dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Agustini, E., Yeni, L. F., & Titin, T. (2023). Kelayakan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Sebagai Bahan Ajar pada Materi Jamur Kelas X SMA. Biodik, 9(2), 7281. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20183
Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan kecakapan abad 21 mahasiswa melalui model pembelajaran inkuiri. Teknodika, 17 (2), 70.
Amin, M. A. (2022). Penggunaan Media Kartu Pembelajaran dalam Menemukan Isi Kandungan QS. Al-Ikhlas (112): 1-4. INCARE, International Journal of Educational Resources, 3(4), 365-375.
Asiah, N. (2021). The Effect of Guided Inquiry Learning Models on Students Critical Thinking Skills and Learning Outcomes in Science Subjects at MTs Miftahul Muin. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 165177. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.5141
Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 2736. https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14
Fadly, W. (2022). Model-model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bening Pustaka.
Gredler, M. E. B. (1994). Belajar dan Membelajarkan. Raja Grapindo Persada.
Handayani, P. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Pernikahan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XII Di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar.
Hardian, M. Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Purbolinggo Lampung Timur . Doctoral dissertation, IAIN Metro.
Islamiyah, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Islam Kelas Vb Sd Negeri 37 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 686. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7450
Jaudah, S. S. A., & Widyaningrum, R. (2024). Efektivitas Pembelajaran PAI Berbasis Inkuiri Terhadap Pemahaman Materi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (INJURIES), 2(2), 121-136.
Lubis, S. (2024). Observasi awal.
Mardianto, A. (2018). Konsep Guru dan Pendidikan Tips Untuk Guru Pemula. Perdana Publishing.
Rahayu, N. N. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2022). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Energi pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP/MTs Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 107118. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.53289
Rahmadhani, H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Teori dan Implementasi. Depublish.
Rukanda, N., Anik, Agus, Ika, Mega, Eva, Siska, Ismail, A., Aflich, Ema, Via, Ratna, Sharina, Arwin, Dadang, & Hoeriyah, S. (2024). Pengembangan Karakter melalui Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal. CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Safitri, N. (2022). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Modul Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Akuntansi Syariah Di Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 14. https://doi.org/10.30829/taz.v11i2.1458
Samadun, S., Setiani, R., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Effectiveness of Inquiry Learning Models to Improve Students Critical Thinking Ability. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(2), 203212. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i2.277
Saputra, D. T., Kartika, R. C., & Sumardjoko, B. (2024). Perubahan Paradigma Guru Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Changes in Teacher Paradigm in the Independent Curriculum in Elementary School. 33(1), 469476.
Sarumaha, M. (2021). biologi sel modul singkat sel dalam perkembangannya. Lutfi Gilang.
Siahaan, A., Akmalia, R., Syafriani, Y., Ramadhani, S., Ahmad, A. K., & Sihombing, H. R. S. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 2 Binjai. ANWARUL, 2(6), 436446. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i6.696
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suparlan. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 7988. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Supriyatno, T., Lestari, D. A., & Utami, U. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models for Students Scientific Performances and Critical Skills. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(1), 114. https://doi.org/10.18860/mad.v13i1.9342
Susasnti, W. (2020). Pemikir Kritis dan Kreatif. Media Sains Indonesia.
Sutianah, C. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Qiara Media.
Utami, O. Y. (2022). The Guided Inquiry Learning Model to Improve Students Critical Thinking Ability in Science Lessons in Junior High Schools. Intelektium, 3(2), 338348. https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1068
Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Sinar Grafika Offset.
Zakiah, L. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Ertazama Karya Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















