PENGELOLAAN PROGRAM BELAJAR BERBASIS P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PADA PAUD TK IT CENDEKIA RAO KABUPATEN PASAMAN

Nurhabibah Nurhabibah(1*), Ismaniar Ismaniar(2)

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat keberhasilan lembaga PAUD TK IT Cendekia Rao di Kabupaten Pasaman, yang sebagian besar disebabkan oleh pelaksanaan kurikulum merdeka yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia, 2) Mendeskripsikan proses pengorganisasian program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia, 3) Mendeskripsikan proses pelaksanaan program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia, 4) Mendeskripsikan proses evaluasi program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia, 5) Mendeskripsikan proses tindak lanjut program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti metode analisis kualitatif Spradley, yang dikenal juga dengan penelitian kualitatif etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Proses perencanaan program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia telah dilaksanakan dengan jelas, b) Proses pengorganisasian program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia terlihat dengan jelas, c) Proses pelaksanaan program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia sudah terlaksana dengan baik, d) Proses evaluasi program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia sudah dilakukan dengan sistematis, e) Proses tindak lanjut program metode pembelajaran P5 di PAUD TK IT Cendekia sudah berjalan sesuai rencana.


Keywords


Manajemen Program; P5; Pendidikan Anak Usia Dini; Pembelajaran Berbasis Proyek; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aryanti, T., Supriyono, & Ishaq, M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1).

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 1(2), 8386.

Maulana, A., Yunitasari, N., Hikmah, R. N., Rusmana, R., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Bermain Ludo King Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood, 2(2)

Munadlir, A. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah.

Ratnasari, B. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Pertiwi 2 Langgar Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.