PRESERVASI BUDAYA MELAYU MELALUI PENDIDIKAN DI SMP SWASTA IT AL-FATTAH DESA LAMA
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Preservasi budaya Melayu melalui pendidikan menjadi upaya penting dalam menjaga warisan leluhur. Sekolah menjadi tempat terbaik untuk melakukan preservasi budaya Melayu melalui kebijakan-kebijakan dan kegiatan-kegiatan berbudaya Melayu. SMP Swasta IT Al-Fattah Desa Lama berupaya melestarikan budaya Melayu melalui berbagai kebijakan dan program yang telah disusun di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan visi dan misi dalam preservasi budaya Melayu, preservasi budaya Melayu dalam pembelajaran, kegiatan tahunan, sumber daya dan infrastruktur dalam preservasi budaya Melayu. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bersumber dari kepala sekolah, guru, dan siswa serta peristiwa di lapangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Visi dan Misi dalam preservasi budaya Melayu di SMP Swasta IT Al-Fattah Desa Lama tidak tertulis secara formal dalam visi misi sekolah, namun melalui kebijakan dan program yang diterapkan oleh sekolah yaitu: menjalankan program P5 dengan tema kearifan lokal, dan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler budaya Melayu seperti tari daerah Melayu dan pencak silat. 2) Preservasi budaya Melayu dalam pembelajaran di SMP Swasta IT Al-Fattah Desa Lama telah terakomodir dalam mata pelajaran Seni Budaya, Bahasa Indonesia, dan IPS. 3) Kegiatan tahunan dalam preservasi budaya Melayu di SMP Swasta IT Al-Fattah Desa Lama melalui acara perpisahan atau pentas seni dan bazar kuliner tradisional. 4) Sumber daya dan infrastruktur dalam preservasi budaya Melayu di SMP Swasta IT Al-Fattah Desa Lama masih kurang memadai, sebab belum adanya guru khusus yang mengajar budaya Melayu dan fasilitas yang mendukung budaya Melayu secara maksimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Akmalia, R. (2018). Membangun Great Team dan Great Players Menuju Perubahan yang Inovatif dan Kreatif di Satuan Pendidikan Islam. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, III(01), 111. Retrieved from https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/viewFile/466/456
Akmalia, R., Harahap, H., Munawwarah, T., Zulqaidah, & Margolang, A. I. (2024). Pengaruh Pelayanan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah UPT SD Negeri 060806. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115122. Retrieved from https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/723
Fatmawati. (2021). Model Literasi Media: Pendekatan Local Wisdom Masyarakat Melayu. Banyumas: CV. Amerta Media.
Hadijaya, Y., Darussalim, Yogaswara, D., Sidik, M., & Abdi, W. T. (2024). Manajemen Multikultural dalam Satuan Pendidikan. Medan: UMSU Press.
Japarudin. (2021). Islam dan Budaya Lokal dalam Tradisi Tabut. Yogyakarta: Samudra Biru.
Kanaf, G. A. M., Genevieve, D. A., Senda, S. S., & Seminari. (2023). Meningkatkan Minat dan Pemahaman Pelajar SMP terhadap Budaya Melalui Pentas Seni Virtual. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 600606.
Mardi. (2021). Pameran Seni Siswa di Era Modern sebagai Upaya Menggali Potensi Kreasi Bangsa. Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 543548.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.
Mulyadi. (2021). Islam dan Tamadun Melayu. Riau: DOTPLUS.
Nurhalizah, S. (2024). Eksistensi Budaya Melayu Deli di Istana Maimun sebagai Sumber Belajar IPS: Studi Deskriptif Kualitatif Budaya Melayu Deli di Istana Maimun Kota Medan Sumatera Utara. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurjanah, N., Judijanto, L., Apriyanto, A., Haryanti, T., Suri, D. R., Tadius, T., & Januaripin, M. (2025). Administrasi Pendidikan: Manajemen Pengelolaan Sekolah Unggulan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurmalinda, & Zulfa. (2024). Enculturation of Malay Cultural Learning in Local Wisdom Values in Higher Education. International Journal of Arts and Social Science, 7(1), 8187.
Panjaitan, A. P., Darmawan, A., Maharani, Ikhwan, Yopi, & Ridayani. (2014). Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Pelly, U., R, R., & Kartadarmadia, S. (1984). Sejarah Sosial Daerah Sumatera Utara Kotamadya Medan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.
Rhona, H., & Istiana. (2021). Bagian Budaya Urang Belitong. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Rukanda, N., Anik, Agus, Ika, Mega, Eva, Hoeriyah, S. (2024). Pengembangan Karakter melalui Pembelajaran berbasis Kearifan Lokal. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Solikhah, A. U., Aqidatul, Aurel, Ilham, Laili, Farid, M., Yuniarti. (2024). Corak Budaya Indonesia dalam Bingkai Kearifan Lokal. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabet.
Supriatna, M., Anisa, Budi, Fahrudin, Henni, Miftachul, M., Rika. (2024). Pendidikan Dasar Berbasis Kearifan Lokal. Jakarta: Cahaya Smart Nusantara.
Suryana, D. (2012). Provinsi di Indonesia. Jakarta: Independent Space.
Tambak, S., Noer, M. A., Ahmad, M. Y., & Astuti, D. (2020). Exploring Malay Culture in Madrasah Learning : Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum. (10), 87104.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















