PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KARAKTER PADA MATERI KEPEMIMPINAN
(1) Universitas Islam Riau
(2) Universitas Islam Riau
(3) Universitas Islam Riau
(4) Universitas Islam Riau
(5) Universitas Islam Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Karakter memiliki peran penting dalam membentuk kualitas sumber daya manusia yang unggul. Mahasiswa yang memiliki karakter yang kuat dan positif lebih mampu menghadapi tantangan akademik dan sosial, serta menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang baik dalam berbagai situasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan mahasiswa melalui pengembangan materi yang relevan, yaitu kepemimpinan berbasis karakter pada mata kuliah Pengantar Manajemen. Dalam upaya ini, penelitian dilakukan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Penelitian dimulai pada bulan Juli tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dengan materi kepemimpinan yang berbasis karakter layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan mahasiswa menunjukkan bahwa bahan ajar ini telah memenuhi berbagai aspek kelayakan, yaitu: 1) Aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa memperoleh persentase 83%, artinya bahwa materi yang disusun sesuai dengan kompetensi. 2) Aspek desain memperoleh persentase 85%. 3) Aspek tampilan dan penyajian materi, memperoleh persentase sebesar 83%. Bahan ajar ini tidak hanya memenuhi kelayakan materi dan tampilan, tetapi juga mampu mendorong pembentukan karakter kepemimpinan bagi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anwar, M., Faradilla., Umrah., & Anugrah, M. T. (2023). Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa. Journal Educational Leadership, 2(2).
Arriany, I., & Aswan, D. (2022). Pengembangan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 584-594.
Arthur, J., Kristjnsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2017). Teaching Character and Virtue in Schools. Routledge.
Asnur, L., & Jalinus, N. (2018). Need Asesment Pengembangan Buku Ajar Pengantar Manajemen Devisi Makanan dan Minuman. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 334338. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16293
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2017). Transformational Leadership (2nd ed.). Psychology Press.
Dasmo, D., Notosudjono, D., Sunardi, O., & Binoardi, H. (2021). Analisis Indikator Kepemimpinan Teknologi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Implementasi Teknologi Abad 21. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 240. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24095.
Dugan, J. P. (2017). Leadership Theory: Cultivating Critical Perspectives. Jossey-Bass.
Enjceng, & Aslichati, L. (2018). Konsep Dasar Kepemimpinan. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 1, 110.
Fitriani, F., & Wijaya, P. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Acuan Standar Berfikir Tingkat Tinggi Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(2), 8796. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p87-96.
Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ (10th Anniversary Ed.). Bantam.
Hadiyanto, H., Prayitno, B. A., & Fitri, A. (2019). Development of Character Education-Based Teaching Materials To Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(1), 607624.
Haryono, H., & Sutadji, E. (2016). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 120129.
Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2017). Management of Organizational Behavior: Leading Human Resources (10th ed.). Pearson.
Judge, T. A., & Piccolo, R. F. (2017). The impact of leadership on employee performance. Journal of Applied Psychology, 102(5), 529-540.
Komives, S. R., Wagner, W., & Associates. (2017). Leadership for a Better World: Understanding the Social Change Model of Leadership Development (2nd ed.). Jossey-Bass.
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). The Leadership Challenge (6th ed.). San Francisco: Jossey-Bass.
Luthans, F., & Youssef-Morgan, C. M. (2017). Psychological capital: An evidence-based positive approach. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 4, 339366.
Mardhatillah, A., Rahman, M. T., & Kurniawan, D. A. (2021). Pengaruh Desain Visual Bahan Ajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 7(1), 4552.
NBF. (2023). Model ADDIE. https://nbfsoft.com/2023/01/model-addie/
Northouse, P. G. (2021). Leadership: Theory and Practice (9th ed.). Sage Publications.
Rifai, A. (2016). Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (BEM FIP) Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/24404/.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). Pearson Education.
Sitohang, Risma. (2014). Mengembangkan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 23. No. 2.
Soria, K. M., & Stebleton, M. J. (2017). Building a strengths-based campus to support student success. New Directions for Student Services, 158, 1728.
Spears, L. C. (2017). The Understanding and Practice of Servant Leadership. Leadership and Organization Development Journal, 38(2), 135-146.
Wittmann, V. (2014). World society and globalization. Journal for Multicultural, 8(3). https://doi.org/10.1108/JME-05-2014-0021.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















