KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK DI SMA SWASTA BUDYSATRYA MEDAN

Khoirunnisa Fadila Rambe(1*), Candra Wijaya(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Konflik merupakan dinamika yang tidak bisa dipisahkan dari interaksi sosial di lingkungan sekolah. Perbedaan latar belakang, kepentingan, dan cara pandang antarwarga sekolah seringkali menjadi pemicu terjadinya konflik yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. Dalam hal ini, keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah merupakan aspek utama dalam menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kepala sekolah di SMA Swasta Budisatrya Medan menggunakan keterampilan komunikasi interpersonal dalam menyelesaikan konflik, strategi yang dilakukan, serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara tematik untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam menyelesaikan konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai mediator, pendengar aktif, dan fasilitator dalam menyelesaikan konflik yang terjadi antara siswa, guru, maupun tenaga kependidikan. Strategi yang digunakan meliputi pendekatan musyawarah, mediasi, komunikasi dua arah, serta pendekatan individual dalam kasus yang sensitif. Faktor pendukung komunikasi interpersonal kepala sekolah antara lain adalah adanya empati, keterbukaan, budaya kekeluargaan, dan kepercayaan dari warga sekolah. Sementara itu, hambatan yang dihadapi berupa perbedaan persepsi, emosi yang tidak stabil, sikap egois, serta minimnya pelatihan formal tentang komunikasi. Selain menyelesaikan konflik, keterampilan komunikasi interpersonal juga membantu membangun hubungan yang lebih dekat antara kepala sekolah dengan warga sekolah. Dengan komunikasi yang efektif, kepala sekolah tidak hanya menyelesaikan konflik yang terjadi, tetapi juga menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan meningkatkan partisipasi dalam komunitas sekolah.


Keywords


Komunikasi Interpersonal; Kepala Sekolah; Penyelesaian Konflik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aftori, R., & Saguni, F. (2021). Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan Perspketif Stephen P. Robbins. ISTIQRA: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 139-150.

Aminudin, M., & Setyaningsih, R. (2019). Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Santri Dalam Pendisiplinan Bahasa Resmi Gontor. Sahafa Journal of Islamic Communication, 2(1), 1. https://doi.org/10.21111/sjic.v2i1.2864

Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337342.

Ansari, A. (2021). The Role of Interpersonal Communication Skills in Human Resource and Management. International Journal of Science and Research (IJSR), 10(11), 916922. https://doi.org/10.21275/sr211118020911

Ardhana, M. S., Baidillah, I. M., Nurnabilla, R. M., & Fitriana, A. Q. Z. (2023). Manajemen Konflik di Pesantren Melalui Kultur Pesantren dan Gaya Kepemimpinan Kyai. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(4), 208216. https://doi.org/10.57096/lentera.v1i4.38

Bahri, S. Analisis Efektivitas Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Menyelesaikan Konflik Lini Staf (Studi di MAS Nurussa'adah Tangerang) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Daniar, A., & Nurhaniza, Z. (2021). Peran Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Mendorong Guru Sekolah Alam Bandung dalam Bekerja dan Berprestasi. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 41. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9313

Deswita, M. (2020). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Konflik Kesiswaan Di Mtsn 9 Agam.

Devito, J. (2016). The Interpersonal Communication Book. Pearson. Profesional Book.

Faisal. (2019). Komunikasi Kepemimpinan Dalam Penyelesaian Konflik Antar GURU Di MTsN 11 Pidie. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Hanim, Z., Sari, D. S., & Soeoed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1).

Naufal, M. B., Prayugo, R. A., Hidayatika, N., & Wijayanti, R. (2022). Upaya Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Kesiswaan di MA Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 38-45.

Puscas, L., Kogan, J. R., & Holmboe, E. S. (2021). Assessing Interpersonal and Communication Skills. Journal of Graduate Medical Education, 13(2s), 9195.

Saodah, S., Maftuh, B., & Sapriya, S. (2021). Model Resolusi Konflik Membangun Kemampuan Penyelesaian Konflik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 172178. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i2.2881

Sudarmanto, E., Sari, D. P., Wibowo, E., Mardiana, S. S., Purba, S., Irdawati, I., Tjiptadi, D. D., Kato, I., Rosdiana, & Manalu, N. V. (2021). Manajemen Konflik. Retrieved from kitamenulis.id

Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik Di Sekolah. Journal on Education, 05(04), 4555. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i1.22

Sundari, S., Silalahi, V. A. J. M., & Siahaan, R. S. (2024). Komunikasi Interpersonal dalam Membangun Harmoni dan Produktivitas di Tempat Kerja. Jurnal Cakrawala Akademika, 1(3), 419-438.

Suryadi, E., Haryanto, E., & Firman, F. (2022). Analisis Penyelesaian Konflik Di Sekolah Dasar Negeri 20/1 Kabupaten Batanghari. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL), 4(2), 115. https://doi.org/10.22437/ideal.v4i2.18788

Tessema, T. W. (2019). Role of School Leaders in Motivating Teachers.

Wakini, W., Yanti, E., Demina, D., & Marsidin, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 8(1), 110.

Widjaja, H. A. W. (2008). Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.