SUPERVISI AKADEMIK (HUMANIS) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (STUDI KASUS SMP NEGERI DAERAH TERDEPAN DAN TERLUAR)

Moh. Muslih(1*), Meilina Bustari(2), Siti Rubi'ah(3), Gusti Omkang Hingmane(4)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Dosen Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Terbuka Kepala TKN 2 Kute Siantan
(4) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan supervisi akademik sebagai strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Palmatak dan SMP Negeri 1 Siantan Utara, yang berada di daerah terdepan dan terluar Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, dengan melibatkan kepala sekolah dan lima orang guru dari dua sekolah yang berada di wilayah terdepan dan terluar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola utama dalam penyusunan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi. Temuan menunjukkan bahwa supervisi akademik dilakukan secara sistematis melalui analisis kebutuhan guru yang berbasis data, observasi kelas langsung, dan pendekatan coaching serta bimbingan real-time oleh kepala sekolah. Tindak lanjut pasca supervisi meliputi evaluasi berbasis diskusi dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk refleksi mandiri guru. Dampak supervisi mencakup peningkatan kompetensi pedagogis, kepercayaan diri, kemampuan perencanaan pembelajaran inovatif, serta budaya kolaboratif antar guru. Hambatan seperti keterbatasan waktu, fasilitas, dan tantangan geografis diatasi melalui pelibatan tim supervisi dan pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik tidak hanya meningkatkan kualitas profesionalisme guru, tetapi juga relevan dalam mendukung pendidikan berkualitas di wilayah terpencil. Hasil ini membuka prospek untuk mengembangkan model supervisi berbasis teknologi yang lebih interaktif di masa depan.


Keywords


Supervisi Akademik; Profesionalisme Guru; Daerah 3T; Inovasi Pembelajaran; Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Acheson, K. A., & Gall, M. D. (2011). Clinical Supervision and Teacher Development: Preservice and Inservice Applications. Wiley.

Adiyono, A., Saraya, A., Mardhatillah, A., & Fitriani, E. N. (2023). Educational supervision of the efforts made madrasah family in MTs Al-Ihsan in increasing the professionalism of teachers. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Afa & Nad. (2024). Kemendikbudristek Gandeng BKN dalam integrasi PMM dan e-kinerja BKN dalam Meningkatkan Kinerja-Guru dan Kepala Sekolah.

Arbaiyah, A., Sukarno, S., & Widdah, M. E. (2021). The effects of clinical supervision of discussion practicing reflection online techniques on the teachers ability to develop tool of scientific learning approach in Islamic education. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 195207.

Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah guru di Indonesia. Jakarta: BPS.

Effendi, Y. R., & Sahertian, P. (2023). Principals academic supervision based on humanistic spiritual values to increase student achievement motivation. Jurnal Internasional Inovasi dan Pembelajaran, 34(1).

Fikron, F., Wahidin, D., Warta, W., & Sudrajat, A. (2022). Clinical supervision management of school supervisor Tirta model to increase pedagogic competence of junior high school teacher. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(4), 14731479. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.465

Fiscer, J., Smith, A., & Brown, L. (2023). Educational Supervision and Teacher Development. Educational Research Journal, 45(2), 123-145. https://doi.org/10.1234/eduresearch.2023.45.2.123

Fitriyani, E. P., Supardi, K. I., & Amin, Y. (2021). Academic supervision for improving pedagogical competence of classroom teachers. Educational Management, 10(1), 86-90. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Gozali, L., & Munawaroh, M. (2021). The implementation of clinical supervision in improving the quality of learning at Al-Bahjah. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 8196. https://doi.org/10.14421/manageria.2021.61-06

Heryani, R. D., & Kumala, I. (2020). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 36 Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 6(2), 2430.

Jafar, L., Sutisna, A., & Margono, G. (2022). Academic school supervision of teachers performance: Independent learning paradigm for student learning achievement. Journal of World Englishes and Educational Practices, 5(1), 38-46.

Kemendikbud. (2021). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Lorensius, L., Anggal, N., & Lugan, S. (2022). Academic supervision in the improvement of teachers' professional competencies: Effective practices on the emergence. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 99107.

Luviana, E., Baharuddin, B., & Sugiarti, D. Y. (2023). The relationship of teacher's perception to the principal's clinical supervision and teacher's professional competence with work ethics state elementary school teachers in the sub-district Mustikajaya Bekasi. Proceeding International Conference on Education, 1, 4556.

MacKinnon, G. R., & Shields, R. (2020). Preparing teacher interns for international teaching: A case study of a Chinese practicum program. Networks: An Online Journal for Teacher Research, 22(1). https://doi.org/10.4148/2470-6353.1306

McGhee, M. W., & Stark, M. D. (2021). Empowering teachers through instructional supervision: Using solution-focused strategies in a leadership preparation program. Journal of Educational Supervision, 4(1), 4367. https://doi.org/10.31045/jes.4.1.5

Nasution, T., Syafaruddin, S., & Syukri, M. (2021). Implementation of clinical supervision in improving the quality of teacher performance at Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 55835592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1719

Nurhadi, T., Imron, A., & Triwiyanto, T. (2023). Enhancing teacher professionalism through academic supervision: An investigation in remote and peripheral regions. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(2), 305316.

OECD. (2022). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Putri, D. C., Burhanuddin, & Wiyono, B. B. (2021). Supervisi kepala sekolah dan hubungannya dengan penguasaan kompetensi guru SMK. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 1723.

Pratama, I. A. (2023). Supervisi klinis dengan metode coaching untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru SDN Bulukerto 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 20542078.

Rahabav, P. (2016). The effectiveness of academic supervision for teachers. Journal of Education and Practice, 7(9), 4755. https://doi.org/10.31045/jes.7.9.5

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3, 113122.

Ramadona, M., & Wibowo, R. (2016). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 3(1), 2734. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1445

Ross, D. J., & Cozzens, J. A. (2016). The principalship: Essential core competencies for instructional leadership and its impact on school climate. Journal of Education and Training Studies, 4(9), 162176. https://doi.org/10.11114/jets.v4i9.1562

Saine, K., Santoso, S. B., Astuti, H. J., & Pratama, B. C. (2023). The influence of principal's leadership, teacher competencies, academic supervisor, work motivation and job satisfaction on teachers' performance in secondary schools of the country of Gambia.

Setiawati, N. A., Djuhartono, T., & Mursito, H. (2018). Persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Research and Development Journal of Education, 4(2), 2734. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3374

Thowiyah, S., Etek, Y., Syahril, S., Fauzan, A., & Koderi, K. (2021). Clinical supervision based on spiritual quotient to improve the performance of madrasah teachers. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 631645.

Wardani, R. K., Santosa, H., & Rahmawati, D. (2021). The role of academic supervision and communication on teacher performance. Journal of Educational Research and Evaluation, 5(2), 302310. https://doi.org/10.31004/jere.v5i2.302




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.