ANALISIS KEBUTUHAN KONTEKSTUAL: DASAR INOVASI E-BOOK BAHASA INGGRIS DI PENDIDIKAN VOKASIONAL KEPERAWATAN

Gusti Omkang Hingmane(1*), Sisca Rahmadonna(2)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar Bahasa Inggris berbasis keperawatan yang kontekstual dan sesuai Kurikulum Merdeka. Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya bahan ajar yang relevan dengan dunia kerja siswa jurusan keperawatan di SMK Negeri Ampera, yang berdampak pada kesulitan memahami materi, rendahnya motivasi belajar, serta keterbatasan penguasaan kosakata medis dan komunikasi profesional. Penelitian ini merupakan studi awal berupa analisis kebutuhan sebagai dasar pengembangan bahan ajar selanjutnya. Teknik pengumpulan data meliputi studi pustaka, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar digital yang menyajikan kosakata medis, percakapan kontekstual antara perawat dan pasien, serta mendukung pembelajaran berbasis teknologi. Guru juga mengalami kendala dalam menyampaikan materi karena tidak tersedianya buku ajar sesuai konteks keperawatan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan e-book berbasis keperawatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMK.


Keywords


Analisis Kebutuhan; E-Book; Bahasa Inggris; Keperawatan; SMK; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustino, E., Made Hery Santosa, S.P. and Myartawan, I.P.N.W., 2017. Developing English Learning Materials Supplemented By E-Learning for The Tenth Grade Nursing Department Students of SMK Negeri 1 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris undiksha, 5(2).

Al?Osaimi, D. N. (2024). The impact of digital learning on Saudi nursing students engagement: A qualitative study. Nursing Open, 11(8). https://doi.org/10.1002/nop2.2188

Bustang, B., Fansury, A. H., & Rahman, A. W. (2021). Digitalization of Nursing English Learning Media Based on E-Book in Improving Student Learning Outcomes at STIKES YAPIKA Makassar. KLASIKAL : Journal Of Education, Language Teaching And Science, 3(2), 7196. https://doi.org/10.52208/klasikal.v3i2.101

Ambarwati, R., Nuri Ati Ningsih, Kuswardani, Y., & Angela Valentiara. (2022). Pendampingan Kegiatan Penyusunan Buku Ajar Bahasa Inggris MIN 1 Kota Madiun. International Journal of Community Service Learning, 6(3), 312327. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i3.52153

Choi, L. J. (2021). Implementing English for Medical Purposes (EMP) in South Korea: Nursing students ongoing needs analysis. Nurse Education Today, 104, 104989. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104989

Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.1-17

Hardanti, P., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2024). Studi Literatur: Pemanfaatan Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, And Content Knowledge) pada Pengembangan E-Modul Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i3.307

Huang, Q., & Yu, Q. J. (2023). Towards a communication-focused ESP course for nursing students in building partnership with patients: A needs analysis. English for Specific Purposes, 70, 5769. https://doi.org/10.1016/j.esp.2022.11.006

Inayati, D., Dewi, D. N., Adi, S. S., Iswahyuni, I., & Gozali, A. (2023). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Keperawatan bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (Smk Pk). Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 6(1), 260274. https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8211

Lotulung, C. V., & Purnawinadi, I. G. (2024). Motivasi Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Dalam Belajar Bahasa Inggris. Nutrix Journal, 8(2), 328. https://doi.org/10.37771/nj.v8i2.1210

Prihatiningsih, T.S., 2023. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi. UGM PRESS.

Sitepu, S., Masela, M., & Kurniawati, L. A. (2020). Designing Technology-Assisted Lesson Materials for ESP Nursing Students by Using TPACK. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(1). https://doi.org/10.26858/interference.v1i1.12812

Zanyar Nathir Ghafar, S. M. N. (2024). Enhancing Student Engagement in English for Specific Purposes Courses: A Case Study at National Institute of Technology, Kurdistan. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 12(1). https://doi.org/10.23918/ijsses.v12i1p40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.