PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KOTA SUKABUMI

Endang Supriatna(1*), Eeng Ahman(2), Nofriansyah Nofriansyah(3), Sri Rahayu(4), Dessri Randini Fitri(5)

(1) 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pamulang
(5) Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi digital di tingkat sekolah menengah menjadi tantangan yang sangat mendesak karena peserta didik berkembang pada titik kritis dalam pemahaman dan kemampuan mereka untuk menggunakan teknologi secara bertanggung jawab. Ada kemungkinan adanya interaksi yang kompleks antara literasi digital dalam memengaruhi minat belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Misalnya, tingkat literasi digital siswa dapat berdampak pada kemampuan mereka untuk menggunakan sumber daya digital untuk mempelajari topik-topik ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh literasi digital tehadap minat belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPSSMANegeri4 Kota Sukabumi Tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis statistik uji regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Dengan hasil uji koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,497, yang berarti bahwa pengaruh literasi digital (X) terhadap minat belajar (Y) adalah sebesar 49,7%. Dari hasil analisis jawaban siswa pada kuesioner diketahui bahwa indikator literasi digital yaitu internet searching memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap indikator minat yaitu perasaan senang. Literasi digital yang tinggi memungkinkan siswa untuk mengakses berbagai sumber informasi yang beragam dan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan minat terhadap mata pelajaran Ekonomi.


Keywords


Literasi Digital; Minat Belajar; Sumber Daya Digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afriyana, A., Salamah, S., Enjelina, D., & Saputra, M. R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital terhadap Minat Belajar Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Tsaqofah, 3(6), 12521260. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1805

Akrim. (2021). Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (E. Sulasmi, Ed.; 1st ed.). Pustaka Ilmu.

Aldini, R. R. H., Kusumawan, U., & Santoso, B. (2022). Pengaruh literasi digital siswa dan keterlibatan orangtua terhadap minat belajar siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negri Benda. Jurnal Education and Development, 10(2), 409414.

Amin, H., Masrul, Genggong, M., Fachruddin, S.,.., & Asmharita. (2018). Literasi Digital Generasi Milenial (Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, Ed.). Literacy Institute.

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

Effendi, F., Bustanur, B., & Mailani, I. (2019). Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Prodi PAI UNIKS). JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 1(1), 8193.

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 6 Banda. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Kusumastuti, F., Astuti, S., Astuti, Y., Birowo, M., Hartanti, L., Amanda, N., & Kurnia, N. (2021). Modul Etis Bermedia Digital (1st ed.). Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Melati, D. P., Rahman, A., & Nurhadi. (2022). Studi Korelasi Antara Literasi Digital Dan Minat Belajar Siswa Pada Era Pandemi Covid-19. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(2), 204218.

Moca, M., & Badulescu, A. (2023). AN EVALUATION OF STUDENTS PROFICIENCY IN DIGITAL LITERACY AT ECONOMIC SUBJECTS. Annals of the University of Oradea, Economic Science Series, 32(1).

Siroj, H. A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1049-1057.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 5674.

Supriatna, E., & Sari, L. P. (2023). Penguatan Literasi Dan Etika Digital Pada Peserta Didik Dalam Upaya Menanggulangi Hoax Dan Hate Speech. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(4), 17.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269283.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.