UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI EFIKASI DIRI

Septa Wati(1*), Bayu Ardiansyah(2), Alqomari Cahyo(3), AXL Antora Abimanyu(4)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh metode pemeblajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu; 2) pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu; 3) pengaruh interaksi metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian menggunnakan ANOVA 2 arah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 mahasiswa semester 7 Program Studi Teknik Informatika yang mengambil mata kuliah filsafat ilmu. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan angket untuk mengukur efikasi diri mahasiswa. Sementara Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan uji inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu; 2) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu; 3) Terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah filsafat ilmu.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis; Metode Pembelajaran PBL; Efikasi Diri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraeni, F. D., & Rola, F. (2018). Literasi Informasi pada Guru. SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, April, 153158. https://www.researchgate.net/publication/324273910_Literasi_Informasi_pada_guru

Farias, R. L. S., Ramos, R. O., & da Silva, L. A. (2009). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Computer Physics Communications, 180(4).

Khalid, Z., Utami, I. T., & Hanani, N. (2022). Pengaruh Kreatifitas, Efikasi Diri Dan Ketahanmalangan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Serasi, 20(2), 85. https://doi.org/10.36080/js.v20i2.2109

Mardani, N.K., Atmadja, N.B., & Suastika, I.N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 5565. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 916.

Nursyahbana, Syahrudin, H., Budiman, J., Witarsa, & Okianna. (2023). Pengaruh Adversity Qoutient terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa FKIP Untan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 6(2). https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK/article/view/25752

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Sari, J. P., Aisyah, N., Ibrahim, D., & Syarnubi, S. (2024). Filsafat Ilmu Pengetahuan Dalam Pembelajaran Abad 21. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 08 (01), 17. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/view/3321%0Ahttps://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/article/download/3321/1812

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 4356. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 3544. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Sudiadharma, A.R., & Muhammad, M. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Lompat Jauh. In Jurnal Multidisiplin Madani (Vol. 2, Issue 7). https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.801

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 69947003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Sutiman, S., Wiyarsi, A., & Priyambodo, E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 5164.

Suwarlan, E., & Anggoro, T. (2023). Filsafat Ilmu. Jakarta: Eureka Media Aksara,

Widyawati, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping (MM) Untuk Problem Based Learning (PBL) Pada Matakuliah Filsafat Ilmu. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(2), 196202. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i2.1171

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.