IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI BAHAYA SEKS DINI PADA SISWA SDN 05 SISUMUT LABUHANBATU SELATAN
(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 05 Sisumut Labuhanbatu Selatan berperan penting dalam mengatasi bahaya seks dini di kalangan siswa. Meskipun pengajaran PAI telah dilakukan dengan pendekatan berbasis nilai agama dan metode interaktif, masih terdapat kesenjangan dalam efektivitasnya. Stigma sosial yang ada menghambat partisipasi siswa, sementara keterlibatan orang tua dalam pendidikan seksualitas sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran PAI terkait seksualitas dan mengidentifikasi tantangan serta efektivitas metode pengajaran yang diterapkan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pendekatan berbasis nilai agama sudah diterapkan, kurangnya keterlibatan orang tua dan masyarakat serta hambatan stigma sosial menjadi tantangan utama dalam meningkatkan efektivitas pendidikan seksualitas. Kesimpulannya, meskipun ada pencapaian positif dalam pengajaran PAI terkait seksualitas, diperlukan perbaikan dalam metode pengajaran dan peningkatan kolaborasi dengan orang tua serta masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung dalam memahami isu-isu terkait seksualitas. Signifikansi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan pentingnya dukungan keluarga dan masyarakat dalam pendidikan seksualitas di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggaraini, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 6778.
Curup, I., Indonesia, B., & Takengon, I. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Seksualitas. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 409421.
Damanik, M. H. (2020). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Harfiani, M. I. K. dan. (2024). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Agama Anak pada Masa Pubertas. Umsu Press.
Hasan, R. dan. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Materi Tanda-Tanda Pubertas. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Pendidikan, 7(2).
Iskandar. (2021). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Umsu Press.
Kurniawan, A. (2021). Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Ar Royhan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4, 214.
Pratiwi. (2019). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Agama. Tadris: Jurnal Kependidikan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1).
Rahayu. (2020). Peran Bimbingan Konseling dalam Pembelajaran Agama di Sekolah Dasar. IAIN Ponorogo.
Rizki, A., & Widodo, H. (2021). Optimalisasi Waktu dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Teknologi Dan Pendidikan, 7(2).
Sari R. (2023). Pendekatan Pedagogis dalam Mengajarkan Materi Sensitif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).
Sri, E. W. (2023). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Inklusif, 7(2).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sutrisno, S. & Lestari, A. (2023). Strategi Pembelajaran Inklusif untuk Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusif, 7(2).
Wahyu. (2021). Pengelolaan Waktu dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Umsu Press.
Wijayanti, B. A., Saleh, M., Aer, A., Sugianto, H. B., Yusuf, M. A., & Wibisono, I. L. (2024). Tinjauan Kriminologis Eksploitasi Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur : Studi Kasus Chimoy Si Germo Cilik. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 474480.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















