PERAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING DALAM MENGAKSES SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL HUDA
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Pada era digital saat ini, teknologi telah menjadi pilar utama dalam mendukung berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Peran teknologi cloud computing dalam mengakses sumber belajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Medan Johor, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Penerapan teknologi cloud computing dalam mendukung akses sumber belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda. 2) Manfaat yang dirasakan oleh guru dan siswa dalam menggunakan teknologi cloud computing untuk pembelajaran Akidah Akhlak. 3) Strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi cloud computing dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Huda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara mendalam, observasi langsung, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi cloud computing memiliki peran signifikan dalam meningkatkan akses sumber belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kecamatan Medan Johor. Guru dan siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai materi pembelajaran, seperti e-book, video pembelajaran, dan modul interaktif melalui platform berbasis cloud, seperti Google Drive, Google Form dan Classroom. Teknologi ini juga memungkinkan guru untuk menyusun dan membagikan materi secara lebih efektif serta memberikan tugas dan evaluasi secara daring. Siswa merasakan manfaat dalam hal fleksibelitas waktu belajar, mereka dapat mengakses materi kapan saja dan di mana saja tanpa terbatas oleh ruang kelas.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anggraeni, A., Lubis, M. S. A., & Yulia, F. (2022). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak. Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 113.
Barkati, A., & Cahyadi, A. (2024). Teknologi Sebagai Pendekatan Dalam Optimalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 173181.
Cahyanto, I. (2023). Pemanfaatan Platform E-Learning Berbasis Cloud computing Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Edum Journal, 6(2), 1831.
Dinar, M. T., & Darso, D. (2024). Pelatihan Cloud computing menggunkan Google Drive sebagai Software as a Service (SaaS) untuk Mendukung Backup Data Tugas Sekolah. SMART HUMANITY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 150160.
Elvira, E., Amaliya, N. D., Dalimunthe, N. A., Putri, N. A., & Akmalia, R. (2022). Proses Pembelajaran Daring Guru MI di Era Covid-19 (Studi Kasus Guru MIS Ujung Batu-Sosa, Kabupaten Padang Lawas). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan komik akidah akhlak untuk meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(1), 1726.
Fai. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Url: https://umsu.ac.id/metode-penelitian-kualitatif-adalah/.
Firdaus, M. (2023). Dampak Cloud computing terhadap Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(4), 201215.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121125. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
Irawan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Cloud computing Nextcloud Pada Efektivitas dan Efisiensi Administrasi Sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis. Jurnal Darma Agung, 31(4), 716726.
Kurniawati, D., & Sutirman, S. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh perangkat desa gandulan kecamatan kaloran kabupaten temanggung. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 6(4), 374386.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Publication.
Nadia, V. (2022). Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas IX MTs Darul Maarif Cipondoh Tangerang (Doctoral dissertation, UNUSIA).
Nurdiana, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Pegawai di Dinas Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rachmad, Y. E., Dewantara, R., Junaidi, S., & Firdaus, M. (2023). Mastering Cloud computing (Foundations and Applications Programming). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siahaan, A., Akmalia, R., Syafriani, Y., Ramadhani, S., Ahmad, A. K., & Sihombing, H. R. S. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar di SMP Negeri 2 Binjai. ANWARUL, 2(6), 436446.
Sidqi, M. N., & Marsehan, A. (2024). Pendampingan Pemanfaatan Platform Sistem Informasi Cloud computing Sebagai Media Penyimpanan Data. PKM Linggau: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 5258.
Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 8396.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Alfabet.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















