TREN DAN FOKUS RISET CREATIVE THINKING SKILLS DI SEKOLAH MENENGAH: ANALISIS BIBLIOMETRIK

Andi Yustira Lestari Wahab(1*), Disman Disman(2), B. Lena Nuryanti(3)

(1) 
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren dan fokus penelitian terkait Creative thinking skills (CTS) di tingkat sekolah menengah dengan pendekatan bibliometrik. Data diperoleh dari database Scopus dan dianalisis menggunakan metode bibliometrik dengan bantuan perangkat lunak VOSviewer dan R Bibliometrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren publikasi terkait CTS mengalami peningkatan signifikan dalam dekade terakhir, dengan dominasi penelitian yang berfokus pada strategi pembelajaran inovatif, integrasi teknologi dalam pendidikan, serta pendekatan berbasis proyek dan kolaboratif. Selain itu, analisis kata kunci mengungkapkan bahwa topik-topik seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan keterampilan abad ke-21 menjadi perhatian utama dalam studi CTS. Jaringan kolaborasi penulis menunjukkan bahwa penelitian ini banyak dilakukan oleh akademisi dari berbagai negara dengan pola kolaborasi internasional yang kuat. Temuan penelitian ini memberikan wawasan bagi pendidik, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Implikasi penelitian ini juga menyoroti pentingnya pendekatan multidisipliner dalam mengembangkan CTS di lingkungan sekolah menengah.


Keywords


Bibliometrik; Creative thinking skills; Sekolah Menengah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adnyana, K. S., Widiastuti, N. P. K., & Suastra, I. W. (2022). Pengembangan Kurikulum Paradigma Baru Melalui Penguatan Berfikir Kritis pada Siswa SD di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 302307.

Analisa, K., & Muhid, A. (2024). Literature Review: Meningkatkan Creative Thinking Skill melalui Pembelajaran Treffinger. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2).

Ananda, S., Mulhamah, M., & Siagian, M. D. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 27(1), 115.

Cui, L., Yu, M., & Xu, S. (2024). Comparative Study of the Chinese and Foreign Digital Home: A Visual Analysis of Research Hotspots and Trends Using CiteSpace. IEEE Access. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2024.3457927

Festiawan, R., Sumanto, E., Febriani, A. R., Permadi, A. A., Arifin, Z., Utomo, A. W., Nugroho, W. A., & Pratama, K. W. (2024). Article RETRACTED due to manipulation by the authors The Hybrid Learning System With Project Based Learning: Can It Increase Creative Thinking Skill and Learning Motivation in Physical Education Learning? Retos, 56, 10091015.

Firdaus, A. N., Fathan, A. A., Saiddina, C. S., Pratiwi, S. Z., & Fadhilah, Y. (2025). Eksplorasi Strategi Guru dalam Mengajarkan Konsep IPA dalam abad ke-21 di Sekolah Dasar. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(1).

Forte-Celaya, J., Ibarra, L., & Glasserman-Morales, L. D. (2021). Analysis of creative thinking skills development under active learning strategies. Education Sciences, 11(10). https://doi.org/10.3390/EDUCSCI11100621

Graham, S., Kim, Y.-S., Cao, Y., Lee, J. W., Tate, T., Collins, P., Cho, M., Moon, Y., Chung, H. Q., & Olson, C. B. (2023). A Meta-Analysis of Writing Treatments for Students in Grades 612. Journal of Educational Psychology, 115(7), 10041027. https://doi.org/10.1037/edu0000819

Guleria, D., & Kaur, G. (2021). Bibliometric analysis of ecopreneurship using VOSviewer and RStudio Bibliometrix, 19892019. Library Hi Tech, 39(4).

Mahadi, I., & Ariska, D. (2022). The Effect of E-Learning Based on the Problem-Based Learning Model on Students Creative Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Instruction, 15(2), 329348.

Muhammad, I., Triansyah, F. A., Fahri, A., & Gunawan, A. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Game-Based Learning pada Sekolah Menengah 2005-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 465479.

Mulet-Forteza, C., Lunn, E., Merig, J., & Horrach, P. (2020). Research progress in tourism, leisure and hospitality in Europe (19692018). https://doi.org/10.1108/ijchm-06-2020-0521

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161172.

Ordua-Malea, E., & Costas, R. (2021). Link-based approach to study scientific software usage: the case of VOSviewer. Scientometrics, 126(9), 81538186.

Panjaitan, H. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Smp Jendral Sudirman. JOURNAL PREVALENT MULTIDISCIPLINARY, 1(3), 2025.

Prathap, G., & Ratnavelu, K. (2015). Research performance evaluation of leading higher education institutions in Malaysia. Current Science, 109(6), 11591164.

Pratiwi, B. A., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pembelajaran diferensiasi berbasis proyek untuk pengembangan keterampilan menulis cerita pendek di SMP. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 29983009.

Putri, A. S., Prasetyo, Z. K., Purwastuti, L. A., Prodjosantoso, A. K., & Putranta, H. (2023). Effectiveness of STEAM-based blended learning on students critical and creative thinking skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 4452. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22506

Rahman, M. S. (2024). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN RUANG. PEDAMATH: Journal on Pedagogical Mathematics, 7(1), 1016.

Ramadhaniyati, R., Dwi, K., Siregar, P., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Guide Discovery Learning ( GDL ) in Education : A Bibliometric Analysis. Journal on Education, 05(04), 1147311484.

Sabri, S., Kholil, U., & Ahmad, M. (2023). Validitas buku ajar dengan pendekatan kontekstual dalam membelajarkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 10431056.

Samura, A. O., Juandi, D., Said, A. M., & Malaka, M. (2021). Improving the Creative Thinking Ability of Junior High School Students Through GeoGebra Assisted Learning Community in Mathematics. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(22), 8498. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I22.24797

Saregar, A., Cahyanti, U. N., Susilowati, N. E., Anugrah, A., & Muhammad, N. (2021). Core learning model: Its effectiveness towards students creative thinking. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 3541.

Sun, M., Wang, M., Wegerif, R., & Peng, J. (2022). How do students generate ideas together in scientific creativity tasks through computer-based mind mapping? Computers and Education, 176. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104359

Triansyah, F. A., Gunawan, A., & Ramadhaniyati, R. (2023). Factors of Indonesia Economic Growth ( 2017-2022 ). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 11(1), 5165.

Triansyah, F. A., & Supardi, E. (2023). Fokus Penelitian Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi : Bibliometrik Analisis 2019-2023. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 130139.

Upayogi, I. N. T., Sumar, H., & Ida, K. (2024). Peran Komunitas Guru Dan Refleksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif: Studi Praktik Baik Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 887901.

Wafa, A. S., Abdurrahmat, A. S., Nana, N., Hernawati, D., & Badriah, L. (2025). PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 5(1), 4653.

Waluya, S. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2022). E-Module Design Using Kvisoft Flipbook Application Based on Mathematics Creative Thinking Ability for Junior High Schools. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(4), 116136. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.25329

Wang, B., & Li, P.-P. (2024). Digital creativity in STEM education: the impact of digital tools and pedagogical learning models on the students creative thinking skills development. Interactive Learning Environments, 32(6), 26332646.

Wisudojati, B., Iswadi, M. K., Aminullah, A. M., & Laelatunnufus, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi Berpikir Kritis Pada Pada Siswa Sekolah Menengah Melalui Integrasi Tekhnologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 18151821.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.