STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENANAMKAN MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 2 JENEPONTO
(1) UIN Alauddin Makassar
(2) UIN Alauddin Makassar
(3) UIN Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan moderasi beragama pada peserta didik di SMK Negeri 2 Jeneponto serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, wakil kepala sekolah kepeserta didikan, dan peserta didik, serta analisis dokumentasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan tiga strategi utama yaitu pembelajaran langsung, ekspositori, dan kontekstual yang diimplementasikan secara adaptif meskipun nilai-nilai moderasi beragama belum tercantum secara eksplisit dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Keberhasilan penanaman moderasi beragama tidak bergantung pada kesempurnaan dokumentasi perencanaan, melainkan pada dimensi humanistik yang meliputi kualitas interaksi guru-peserta didik, keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari, dan kemampuan mengkontekstualisasikan nilai moderasi dengan realitas kehidupan peserta didik. Faktor pendukung meliputi dukungan kepala sekolah, kompetensi guru, lingkungan sekolah yang kondusif, kegiatan ekstrakurikuler variatif, dan keteladanan guru, sementara faktor penghambat mencakup ketiadaan integrasi sistematis dalam RPP, keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya pemahaman sebagian peserta didik, minimnya pelatihan guru, dan pengaruh negatif lingkungan eksternal. Penelitian ini memberikan temuan baru bahwa pendekatan organik berbasis keteladanan dapat menghasilkan internalisasi nilai moderasi yang bermakna meskipun infrastruktur perencanaan belum sempurna, sekaligus berkontribusi pada pencapaian SDGs tujuan keempat tentang pendidikan berkualitas dan tujuan keenam belas tentang pembangunan masyarakat yang damai dan inklusif.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Annisa, N., Nurdin, N., & Syahid, A. (2024). Integrasi Teknologi dan Kecerdasan Buatan Manusia dalam Menigkatkan Pendidikan Islam. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 316-322.
Arifin, A., Suryaningsih, S. S., & Arifudin, O. (2024). The relationship between classroom environment, teacher professional development, and student academic performance in secondary education. International Education Trend Issues, 2(2), 151-159.
Creswell, J. W. (2023). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (6th ed.). SAGE Publications.
Fauzan, I., Arifin, A., Dalimunthe, M. A., & Rahmadani, S. (2024). The configuration of ethnic and religious relations towards the 2024 general election: A case study in Medan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 6(2), 2024006-2024006.
Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361-2373.
Hatiah, H., & Muslimah, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Al-Qiyam, 5(1), 16-23.
Huda, E. N., Tohirin, A., & Luqmana, M. A. A. (2023). A bibliometric analysis of Islamic philanthropy. Journal of Islamic Economic and Business Research, 3(1), 97-124.
Hudal, M., Asrori, A., Hidayat, M. C., & Saida, N. (2025). Digital Technology System Adaptation and Adoption: Insights into Administrative. Research Perspectives on Software Engineering and Systems Design: Proceedings of 8th Computational Methods in Systems and Software 2024, Volume 5, 337.
Marini, A., Safitri, D., Niladini, A., Zahari, M., Dewiyani, L., & Muawanah, U. (2025). Developing a website integrated with project-based learning: Evidence of stimulating creativity among elementary school students in Indonesia. Social Sciences & Humanities Open, 11, 101402.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Munir, S., Mahmood, G., Abdullah, F., & Noreen, A. (2023). Exploring the impact of digital leadership on sustainable performance with mediating role of artificial intelligence. Journal of Accounting and Finance in Emerging Economies, 9(3), 213-226.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.
Parta, I. K. W., Ismail, D., & Wijaya, N. S. (2023). Pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 2(8), 1751-1771.
Rafliyanto, M., & Mukhlis, F. (2023). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Formal. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 7(1), 121-142.
Rahman, M. M., Terano, H. J., Rahman, M. N., Salamzadeh, A., & Rahaman, M. S. (2023). ChatGPT and academic research: A review and recommendations based on practical examples. Rahman, M., Terano, HJR, Rahman, N., Salamzadeh, A., Rahaman, S.(2023). ChatGPT and Academic Research: A Review and Recommendations Based on Practical Examples. Journal of Education, Management and Development Studies, 3(1), 1-12.
Rosyid, M. R., Mawaddah, L., Santosa, A. P., Akrom, M., Rustad, S., & Dipojono, H. K. (2024). Implementation of quantum machine learning in predicting corrosion inhibition efficiency of expired drugs. Materials Today Communications, 40, 109830.
Sari, H. P., Ilhami, A., & Rasool, S. (2025). Implementation of Project Based Learning Based Local Wisdom to Enhance Students’ Critical Thinking in Higher Education. Journal of Contemporary Islamic Education, 5(1), 15-27.
Shabrina, A. M., Azzahra, R. S. S., Permata, I. N., Dewi, H. P., Safitri, R. A., Maya, I., ... & Putriana, N. A. (2025). Potential of Natural-Based Sun Protection Factor (SPF): A Systematic Review of Curcumin as Sunscreen. Cosmetics, 12(1), 10.
Sulistyowati, T., & Sukati, I. (2024). Exploring Antecedents: Key Factors Shaping Global Entrepreneurial Intention. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 10(3), 556-556.
Wahid, A., Huda, M., Asrori, A., Abidin, R., Puspitasari, I., Hidayat, M. C., ... & Anwar, S. (2023, December). Digital technology for indigenous people’s knowledge acquisition process: insights from empirical literature analysis. In International Conference on Information and Communication Technology for Competitive Strategies (pp. 41-57). Singapore: Springer Nature Singapore.
Yin, R. K. (2024). Case study research and applications: Design and methods (7th ed.). SAGE Publications.
Zuhdi, Z., Faridy, F., Baharun, H., Hefny, H., & Fahmi, M. A. (2024). Enhancing Learning Quality Through Management Support in Crafting Self-Assessment Questions at School. Communautaire: Journal of Community Service, 3(1), 1-12.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.28705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















