IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS DALAM ISLAM UNTUK REMAJA (STUDI ANALISIS IPMAWATI IPM DI SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL)
(1) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Program Keputrian atau Ipwawati di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan seks berbasis Islam bagi remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi analisis untuk menganalisis pelaksanaan program ini. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa program keputrian berdampak positif membantu Ipmawati memahami perubahan biologis dan emosional selama masa pubertas, menjaga kehormatan diri, serta memahami batasan pergaulan sesuai ajaran Islam. Program ini juga berkontribusi dalam membentuk kesadaran moral dan spiritual Ipmawati agar dapat mengambil keputusan yang bijak terkait kesehatan reproduksi dan pergaulan. Namun, masih terdapat tantangan dalam implementasi program, seperti metode pembelajaran yang kurang interaktif, keterbatasan waktu penyampaian materi, serta anggapan tabu terhadap pendidikan seks. Untuk meningkatkan efektivitas program, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran, seperti diskusi kelompok, simulasi berbasis Islam, pemanfaatan media digital, serta pendampingan individu bagi Ipmawati yang membutuhkan. Sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat juga diperlukan agar pendidikan seks dalam Islam dapat diterima secara terbuka dan diterapkan dengan baik. Dengan pendekatan yang lebih inovatif dan dukungan berbagai pihak, program ini dapat menjadi sarana yang lebih efektif dalam membentuk karakter Muslimah yang cerdas, mandiri, dan berakhlak mulia.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arna, Antarini Pratiwi. (2005). Kekerasan Terhadap Anak Di Mata Anak Indonesia: Hasil Konsultasi Anak Tentang Kekerasan Terhadap Anak Di 18 Provinsi Dan Nasional. Yayasan Pemantau Hak Anak.
Chairilsyah, & Daviq. (2019). Sex Education in the Context of Indonesian Early Childhood. International Journal of Educational Best Practices, 3(2), 41.
Maulidiah, N. (2017). Implementasi Pendidikan Seks Usia Remaja Di SMP-IT Nurul Ilmi Medan (Studi Kasus pada Program Pendidikan Keputrian) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Monalisa, F. N., Akmalia, R., Harahap, A. S. S., & Aulia, P. F. (2022). Upaya Dalam Menumbuhkan Karakter Agamis Siswa Pada Bulan Suci Ramadhan Di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Binjai. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 206222.
Pasaribu, M., Arifin, S., Nurhakim, M., & Inam, A. (2019). Model Integratif Pendidikan Seks. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.
Pasaribu, M. (2019, October). The Integration of Sex Education in Islamic Education and Biology at MA Muhammadiyah Medan. In 6th International Conference on Community Development (ICCD 2019) (pp. 362-365). Atlantis Press.
Simanjuntak, Bungaran Antonius. (2013). Harmonious Family: Upaya Membangun Keluarga Harmonis. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Suteja, J., & Komariah, K. (2019). Implementasi Pendidikan Seks bagi Remaja dalam Perspektif Islam dan Psikologi Pendidikan. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(2), 255-268.
Zubaidah, Z., Sabarrudin, S., & Yulianti, Y. (2023). Urgensi Pendidikan seks pada remaja. Journal of Education Research, 4(4), 1737-1743.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















