PENGARUH FASILITAS DAN LAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PROSES BELAJAR-SISWA DI SMA DWIWARNA BOARDING SCHOOL BOGOR

Diah Mariana(1*), Siti Suaedah(2), Hutami Chandra Kusuma(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi menjadi salah satu hal penting bagi siswa dalam mengenal dan memahami ilmu pengetahuan, karena literasi merupakan kunci keberhasilan siswa dalam menambah dan mengembangkan ilmu serta meningkatkan kreativitas siswa. Dalam lingkup sekolah dapat difasilitasi dengan adanya sarana perpustakaan. Layanan pepustakaan merupakan salah satu sarana prasarana yang penting dalam menunjang kegiatan belajar siswa disekolah. Peran perpustakaan yang menghimpun informasi informasi, ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan sangat penting dalam meningkatkan serta menunjang aktivitas belajar siswa, karena memiliki manfaat yang optimal sehingga dapat membantu siswa dalam mengakses informasi yang diinginkan serta mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh perpustakaan sekolah terhadap proses belajar siswa di SMA Dwiwarna Boarding School. Pada penelitian ini mengunakan metode kuantitatif melalui pendekatan survei. Sampel terdiri dari 33 siswa yang dipilih secara acak, mewakili 15% dari total populasi 220 siswa pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu perpustakaan sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap proses belajar siswa. Pemanfaatan layanan perpustakaan membantu siswa dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi, mencari dan menemukan sumber yang relevan, serta memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, perpustakaan turut mendukung pergeseran metode pembelajaran dari pendekatan tradisional ke arah yang lebih modern, sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar siswa.


Keywords


Fasilitas Perpustakaan; Layanan Perpustakaan; Proses Belajar Siswa; Sarana Prasarana

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akbar, A., Aplisalita, W. O. D., & Rusadi, L. O. (2021). Fungsi perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 203-212.

Damanik, T., Napitu, U., & Saragih, H. (2023). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sekolah Menegah Atas. Journal on Education, 5(4), 14224-14234.

Fadhli, R., Bustari, M., Suharyadi, A., & Firdaus, F. M. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah: Teori Dan Praktik (I). CV. Pena Persada.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program pisa. Jurnal Litera, 17(1), 90-106.

Mujahidin, I. A., Sunarsih, D., & Toharudin, M. (2022). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas IV Di SDN Sawojajar 01. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 182-199.

Mumtazien, G., & Syam, A. M. (2024). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(11), 5782-5793.

Nisa, A. K. (2024). IPLM 2024 Catat Rekor Tinggi, Literasi Nasional Semakin Meningkat. Diakses melalui: https://www.perpusnas.go.id/berita/iplm-2024-catat-rekor-tinggi-literasi-nasional-semakin-meningkat

Rismauli, L. A. (2024). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Kegiatan Literasi Membaca Siswa di SDN Mojoroto 4. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 3, No. 1, pp. 654-662).

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syam, R. Z. A., Indah, R. N., & Fadhli, R. (2021). Perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 151-169.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.