FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMILIHAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

Ahmad Haetami(1*), Maskhur Dwi Saputra(2), Irfanudin Irfanudin(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia sehingga setiap kita pasti akan memprioritaskan diatas kepentingan yang lainnya, hal ini dikarenakan pendidikan dapat mengubah pola pikir seseorang dan memperbaiki tarap hidupnya. Oleh karenanya keputusan dalam memilih lembaga pendidikan khususnya pondok pesantren dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor utama yang memengaruhi keputusan orang tua dan calon peserta didik dalam memilih Pondok Pesantren Daarussalaam Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara kepada orang tua peserta didik serta pihak pengelola pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam faktor utama yang berperan signifikan dalam keputusan pemilihan, yaitu mutu dan kenyamanan pesantren, inovasi serta dukungan layanan pendidikan, esensi keunggulan pesantren, keterjangkauan dan aksesibilitas, dukungan finansial dan fasilitas, serta interaksi sosial dan akses informasi pesantren. Dari keenam faktor tersebut, mutu dan kenyamanan pesantren menjadi aspek yang paling dominan dalam menentukan pilihan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan daya saing dan kualitas layanan mereka agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


Keywords


Keputusan Pemilihan; Pondok Pesantren; Mutu Pendidikan; Aksesibilitas; Fasilitas Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amaliya, R. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FE UNY. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi.

Agia, N. R., & Sudrajat, I. (2023). Sistem Rekrutmen Tenaga Pendidik (Guru). Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran.

Amirsyah, S., & Cholila, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Universitas Islam Riau sebagai Tempat Belajar. Jurnal Ekonomi KIAT.

Dalimunte, J. S. (2024). Mutu Layanan Pendidikan Di Pondok Pesantren Imam An-Nawawy Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2023/2024. Unisan Jurnal, 3(4), 120-127.

Fitriyana, D., Pransisca, S., & Ardiyanto, A. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Negeri untuk Anak di Kelurahan Bukit Cermin, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Nautical:JurnalIlmiahMultidisiplin.

Fuad, R., & Iswantir, M. (2024). Peningkatan kualitas pendidikan di pesantren melalui inovasi kurikulum. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 3(2), 118-131.

Gobel, L. V., Akili, A. A., Talango, R., & Rahmat, A. (2023). Media Promosi Sekolah Berbasis Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Gustriani, T., & Kholis, M. (2024). Pembelajaran Life Skills bagi Peserta didik sebagai Inovasi Pendidikan di Pesantren. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan.

Harmathilda, H., Yuli, Y., Hakim, A. R., & Supriyadi, C. (2024). Transformasi Pendidikan Pesantren Di Era Modern : Antara Tradisi Dan Inovasi. Karimiyah, 4(1), 3350. https://doi.org/10.59623/karimiyah.v4i1.51

Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & S. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dengan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Moderasi Beragam. Jurnal Manajemen Dan Budaya.

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan : Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syariah Dan Tarbiyah.

Machynska, N., & Derkach, Y. (2016). Educational as a Genuine Social and Personal Value. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathia National University.

Maharani, S. H., Permanasari, L., & R. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin. Jurnal Teknik Dan Niaga (INTEKNA).

Masduki., Prihartini, E., & Abdullah, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan.

Nadzifah, S., Basalamah, M. R., & Ramadhan, T. S. (2023). Pengaruh Lokasi, Biaya Pendidikan, dan Word of MouthTerhadap Keputusan Memilih Pondok Pesantren. E Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 12111217.

Rozza, D. S., Arifin, S., Humaidi, M. N., & Danis, A. (2024). Islamic Education Policy in Islamic Boarding Schools to Encounter the Flow of Globalization. Research and Development Journal of Education.

Sastrawan, K. B. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Perencanaan Mutu Strategi. Jurnal Penjaminan Mutu.

Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum.

Susilo, A., & Wulansari, R. (2020). Sejarah Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam.

Syaiful. (2020). Preferensi Orang Tua Dalam Memilih Pondok Pesantren Sebagai Tempat Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Konseling Pendidikan Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.27989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.