RELEVANSI TEORI HUMANISME ABRAHAM MASLOW DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DI SEKOLAH KAWASAN 3T

Aswandi Aswandi(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji relevansi teori humanisme Abraham Maslow dengan pendidikan Islam kontemporer di sekolah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), mengeksplorasi mekanisme implementasi dan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pendekatan humanistik-religius dalam konteks keterbatasan sumber daya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik, mengumpulkan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña dengan teknik triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori humanisme Maslow diimplementasikan melalui mekanisme bertahap yang dimulai dari identifikasi dan pemenuhan kebutuhan dasar siswa secara komunal, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif, membangun komunitas pembelajaran kolaboratif, memberikan apresiasi terhadap setiap pencapaian siswa, hingga memfasilitasi aktualisasi diri yang berorientasi pada kemaslahatan umat. Keberhasilan pendekatan ini didukung oleh komitmen kuat pendidik, dukungan komunitas lokal, fleksibilitas kurikulum, integrasi nilai-nilai Islam, manajemen partisipatif, dan orientasi jangka panjang. Relevansi teori Maslow dengan pendidikan Islam terletak pada keselarasan hierarki kebutuhan dengan maqāṣid al-syarī'ah, menghasilkan model pendidikan humanistik-religius adaptif yang holistik, kontekstual, dan berkelanjutan. Model ini berkontribusi signifikan terhadap pencapaian SDG 4 tentang pendidikan berkualitas dan SDG 10 tentang pengurangan kesenjangan, menawarkan solusi efektif untuk transformasi pendidikan di wilayah marginal yang dapat direplikasi untuk mempercepat pembangunan manusia seutuhnya dan kesejahteraan sosial berkelanjutan


Keywords


Humanisme Maslow; Pendidikan Islam; Kontemporer; Sekolah; 3T

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aini, Q. (2025). Implementasi Integrasi Kurikulum Pesantren Sebagai Penguat Pemahaman Materi PAI Siswa Mts Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Arifin, S., Umiarso, U., Muthohirin, N., & Fuad, A. N. (2025). The dimensions of leadership and ideology in strengthening and institutionalizing religious moderation in Muhammadiyah. Legality: Jurnal Ilmiah Hukum, 33(1), 69-92.

Aziz, F., Saputri, D. U. E., Khasanah, N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan). Jurnal Infortech, 5(1), 1-8.

Bakar, M. Y. A., Firmansyah, E., & Abdeljelil, M. B. (2024). Legal Framework Analysis of Islamic Religious Education Policy Implementation. International Journal of Law and Society (IJLS), 3(3), 217-237.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.

Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.

Fitriani, S. A., & Mahendra, M. (2025). Analisis Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Krikilan 1 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 241-257.

Habieb, A. B., Hidayat, M. R., Sutrisno, W., Kandymov, N., & Milani, G. (2024). Effectiveness of Different Configurations of Ferrocement Retrofitting for Seismic Protection of Confined Masonry: A Numerical Study. Civil Engineering Journal, 10(9), 2781-2803.

Hassan, Q., Al-Hitmi, M., Tabar, V. S., Sameen, A. Z., Salman, H. M., & Jaszczur, M. (2023). RETRACTED: Middle East energy consumption and potential renewable sources: An overview. Cleaner Engineering and Technology, 12, 100599.

Ibrahim, A. A. A., Abu Bakar, A. R., & Ahmad, S. Z. (2024). Exploring the relationship between big data analytics capability and organization’s strategic intent: mediating role of environmental scanning. Journal of Internet Commerce, 23(1), 26-49.

Kamil, I., Yudistira, R., Yusuf, M., Muta’allim, M. A., & Sayfullah, H. (2023). Hybrid Learning as an Alternative to Modern Learning Models. In International Conference on Humanity Education and Society (ICHES) (Vol. 2, No. 1).

Malik, F. F., Nurdin, I. T., & Hidayat, W. (2024). Correlation between students’ critical thinking ability and self-confidence on junior high school. (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 7(4), 438-447.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.

Safitri, R., Jamal, A., Rahmatia, S., Hermawan, D., & Nashihin, M. I. (2024). Peningkatan Kompetensi Higher Order Thinking Skills Guru Yayasan Pesantren Jam'iyatul Mubtadi Desa Pagelaran melalui Pembelajaran Berbasis Computational Thinking. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(3), 182-189.

Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.

Tobroni, T., & Firmansyah, E. (2022). Tipologi Manajemen Tradisional Dan Modern Dalam Perkembangan Pendidikan Pesantren. Research and Development Journal of Education, 8(1), 333-338.

Tobroni, T., Firmansyah, E., Masdul, M. R., & Anwar, S. (2024). Strengthening Islamic Education Values through Kaili Da'a Local Ethnic Cultural Symbol. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 113-122.

Yusof, S. A. M., & Makhsin, M. (2024). Teaching Etiquette Using Kid in Islamic Education. Semarak International Journal of Islamic Studies and Culture, 2(1), 29-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.