PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP KEDISIPLINAN SANTRI DI PONPES BIDAYATUL HIDAYAH ROHIL

Syahriwal Putra(1*), Risnawati Risnawati(2), Salmaini Yeli(3)

(1) 
(2) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(3) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh lingkungan sosial dan pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Rokan Hilir, baik secara parsial maupun simultan, serta mengidentifikasi efek interaksi antara kedua variabel tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan desain eksperimental faktorial melalui analisis Two Way ANOVA. Sampel dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dari seluruh santri aktif. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner terstruktur skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial setelah memenuhi uji prasyarat normalitas, homogenitas, dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial dan pembiasaan kegiatan keagamaan masing-masing berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan santri secara parsial. Secara simultan, kedua variabel memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap kedisiplinan santri, mengindikasikan bahwa kedua faktor mampu menjelaskan sebagian besar varians kedisiplinan. Temuan penting lainnya adalah adanya efek interaksi signifikan antara lingkungan sosial dan pembiasaan kegiatan keagamaan, membuktikan bahwa keduanya tidak hanya berpengaruh secara aditif, tetapi saling memoderasi dan memperkuat. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bagi pengembangan model pembinaan karakter berbasis integrasi dimensi sosial dan spiritual di pesantren.


Keywords


Kedisiplinan Santri; Lingkungan Sosial Pesantren; Pembiasaan Kegiatan Keagamaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afiati, T., Wafiroh, A., & Sofyan, M. S. (2022). Upaya Pasangan Suami Istri Tidak Memiliki Keturunan Dalam Mempertahankan Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus Di Desa Siru Kabupaten Manggarai Barat NTT). Al-IHKAM Jurnal Hukum Keluarga Jurusan Ahwal al-Syakhshiyyah Fakultas Syariah IAIN Mataram, 14(2), 161-184.

Andika, I. T., Jahnke, K., Onoue, M., Silverman, J. D., Fitriana, I. K., Bongiorno, A., ... & Vijayan, A. P. (2024). Tracing the rise of supermassive black holes-A panchromatic search for faint, unobscured quasars at z≳ 6 with COSMOS-Web and other surveys. Astronomy & Astrophysics, 685, A25.

Bakar, M. Y. A., Firmansyah, E., & Abdeljelil, M. B. (2024). Legal Framework Analysis of Islamic Religious Education Policy Implementation. International Journal of Law and Society (IJLS), 3(3), 217-237.

Bandura, A. (2001). Social cognitive theory: An agentic perspective. Annual review of psychology, 52(1), 1-26.

Creswell, J. (2023). Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods. Sage Publications.

Duckworth, C., Boniface, M. J., Kirk, A., & Wilkinson, T. M. (2023). Exploring the Validity of GOLD 2023 Guidelines: Should GOLD C and D Be Combined?. International Journal of Chronic Obstructive Pulmonary Disease, 2335-2339.

Faridi, F., & Firmansyah, E. (2024). Kelembagaan Pendidikan Islam Di Nusantara: Surau, Meunasah, Masjid, Pesantren, Madrasah. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 93-97.

Firmansyah, E. (2023). Various Paradigms in Islamic Educational Thought: Fundamentalism, Modernism, and Liberalism. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 5(2), 139-145.

Firmansyah, E., Khozin, K., & Masdul, M. R. (2022). Implementasi Piaud Terhadap Anak–Anak Suku Kaili Pedalaman Di Desa Kalora Kabupaten Sigi. Research and Development Journal of Education, 8(1), 386-390.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Romelah, R. (2023). Anthropology of Islamic Education as A Socio-Cultural-Religious Modernization Strategy in Alam Al-Kudus Islamic Boarding School. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Firmansyah, E., Anwar, S., & Khozin, K. (2023). Anthropological Approach to Islamic Education: Establishing Noble Spirituality in Overcoming Social Conflict. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 7(1), 163-172.

Firmansyah, E., Tobroni, T., & Rusady, A. T. (2023). Internalisasi Ajaran Islam Dalam Aktivitas Budaya Etnik Kaili Prespektif Antropologi Pendidikan Islam. Research and Development Journal of Education, 9(1), 285-299.

Hirschi, T. (1998). Social bond theory. Criminological theory: Past to present. Los Angeles: Roxbury.

Jamil, A. I. B., & Firmansyah, E. (2025). Embracing Diversity: Navigating Religious Identity in Multicultural Societies. Online Journal of Research in Islamic Studies, 12(1), 37-60.

Lestari, N., & Suyanto, S. (2024). A systematic literature review about local wisdom and sustainability: Contribution and recommendation to science education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(2), em2394.

Maula, J. A. (2022). Pedampingan pemanfaatan digital marketing melalui google business pada umkm kelurahan kertajaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Patikala, 2(1), 442-447.

Pomatow, R. J., & Delviany, D. (2023). PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 TONDANO. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan, 2(2), 145-150.

Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika, e-ISSN: 2745-5882, p-ISSN: 2962-2956, 4(8), 323-329.

Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., ... & Togatorop, M. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Skinner, B. F. (2022). The Evolution of Behaviour 1. In Behaviour analysis and contemporary psychology (pp. 33-40). Routledge.

Sulistijaningsih, S., Nurihsan, J., syarief Nurdin, E., & Sabri, M. (2024). Religious Character Development Strategy Based on Pancasila in Fostered Children in LPKA Class II Bandung. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 3(3), 669-679.

Syah, E. F., Khozin, K., & Haris, A. (2023). Merenda The History of Sheik Sya'ban in The Framework of Banggai Ethnic Islamic Educational Anthropology 8th Century Ad. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307-316.

Wiliyanti, V., Destiana, A., & Shidqha, N. H. (2022). Development Massive Open Online Courses (MOOCs) Based on Moodle in High School Physics Static Electricity. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(2302-0105).

Zimmerman, E. A., Irani, I., Chen, P., Gal-Yam, A., Schulze, S., Perley, D. A., ... & Zhang, K. (2023). Resolving the explosion of supernova 2023ixf in Messier 101 within its complex circumstellar environment. arXiv preprint arXiv:2310.10727.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.