EFEKTIVITAS PENDEKATAN FILSAFAT SAINS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM NEWTON DI PERGURUAN TINGGI

Alhidayatuddiniyah T.W.(1*), Nur Alamsyah(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendekatan filsafat sains dalam pembelajaran fisika diyakini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar, khususnya hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan filsafat sains dalam memperdalam pemahaman mahasiswa terhadap prinsip-prinsip dasar hukum Newton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest control group. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep serta wawancara dengan mahasiswa yang terlibat. Hasil analisis uji-t diperoleh t = 6,58 dengan p<0,05, dimana diindikasikan terdapat perbedaan signifikan pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelompok mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan filsafat sains mengalami peningkatan pemahaman yang jauh lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan filsafat sains dalam pembelajaran fisika di perguruan tinggi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pemahaman konsep fisika secara mendalam.


Keywords


Efektivitas; Filsafat Sains; Hukum Newton; Pemahaman Konsep; Fisika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dimas, A. & Susdarwati. (2020). Pemahaman Konsep Mahasiswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Vol. 6(4), hal: 11-14.

Hasnawati, Syazali, M., & Widodo, A. (2023). Hubungan Indeks Prestasi dengan Pemahaman Konsep Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 8(2), hal: 1169-1174.

Hau, R. R. H. & Nuri. (2019). Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Hukum I Newton. VARIABEL, Vol. 2(2), hal: 56-61.

Kule & Wijaya, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR1 SMK Negeri 2 Tarakan. JIPF: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Vol. 3(2), hal: 47-51.

Zulhaini, A. Halim, & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 4(1), hal: 196-207.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.