IMPLEMENTASI PENEGAKAN PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS SMA NEGERI 2 BILAH HULU)
(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(3) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author
Abstract
Dengan menanamkan pendidikan karakter disiplin maka siswa dapat lebih menjadi menghargai waktu, mandiri, bermoral dan beretika yang baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui Implementasi Penegakan Peraturan Tata Tertib Sekolah Terhadap Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 2 Bilah Hulu). Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan pengamatan langsung pada subjek Kelas X IPS1 dan Kelas XII IPS1. Menggunakan istrumen observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap karakter disiplin siswa. Hasil penelitian Kelas X IPS1 ditemukan pelanggaran tata tertib sekolah berupa bolos sekolah (2 siswa), berambut panjang (4 siswa), merokok (1 siswa), perkataan tidak sopan (2 siswa), dan pelanggaran atribut sekolah tidak lengkap (2 siswa). Sedangkan pada Kelas XII IPS1, ditemukan pelanggaran tata tertib sekolah bolos sekolah (1 siswa), berambut panjang (4 siswa), merokok (2 siswa), perkataan tidak sopan (3 siswa), dan pelanggaran atribut sekolah tidak lengkap (4 siswa). Pendididikan karakter berfungsi untuk menjadikan individu berpikiran baik, berhati baik dan berprilaku baik. Upaya untuk menjalankan tata tertib di sekolah harus mempunyai standar konsisten dalam penerapan peraturan di sekolah, tidak adanya kelonggaran bagi pelaku. Jika ada pelanggaran maka satuan pendidikan memberikan hukuman berupa teguran secara lisan, tulisan berupa peringatan satu, peringatan dua (scorsing) dipanggil wali siswa, ke tiga jika terjadi lagi pelanggaran maka dikeluarkan dari sekolah. Upaya itu tidak terlepas dari kolaborasi satuan pendidikan, guru, guru BK, siswa dan orang tua untuk mencari solusi agar peraturan dijalankan sesuai harapan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 15161524. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837
Amidah, A., & Kholifah, A. N. (2021). Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Jaga Regol. Ibtida, 02(01), 6777.
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Penanaman Budaya Disiplin Siswa. TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 108115.
Fuad, F., Istiqomah, I., & Achmad, S. (2020). Dialektika Perlindungan Hukum Bagi Guru Dalam Mendisiplinkan Siswa Di Sekolah. Indonesian Journal of Law and Policy Studies, 1(1), 55. https://doi.org/10.31000/ijlp.v1i1.2634
Haq, M. D. D. (2019). Peran Guru Bk Dalam Menangani Prilaku Membolos Siswa Di Mts Nu Raudlatus Shibyan. Konseling Edukasi Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 118. https://doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6114
Harahap, R. D., Harahap, S. M., Harahap, H. W. S., & Siregar, L. S. (2023). Pendampingan Cara Berbicara yang Sopan dan Santun terhadap Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 229233.
Istyarini, I., & Sartika, I. (2020). Tingkat Pengetahuan dan Persepsi Pada Siswa Terkait Larangan Merokok di SMP Negeri 18 Surakarta. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 2(1), 40. https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i1.815
Kaempe, T. W., Santie, Y. D. A., &... (2024). Implementasi Tata Tertib Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMK Negeri 1 Likupang Barat. Naluri Edukasi, 1, 1627.
Karisma, A., Widayatsih, T., & Eddy, S. (2023). Implementasi Manajemen Konflik dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management , 6(2), 337345.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Pratama, A. yohan, Yanti, M. T., Fitriani, E., Mardani, S., & Khosiah. (2019). Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ips, 9(2), 104122. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.189
Nurfebrianti, I. P., Ermawati, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 33533357. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835
Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., & Sitepu, S. S. W. (2020). Exploring Learnersautonomy In Online Language-Learning In Stai Sufyan Tsauri Majenang. Getsempena English Education Journal, 7(2), 382-394.
Pratiwi, P., & Siswanto, E. (2023). Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Desa Pakis. Provider Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(2), 0114. https://doi.org/10.59713/projip.v2i2.646
Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(1), 106127. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361
Putri, M., & Hidayat, W. (2023). Strategi Pengelolaan Risiko Dalam Menangani Kenakalan Remaja Di Sekolah SMA Setia Dharma Pekanbaru. Edification Journal, 6(1), 7588. https://doi.org/10.37092/ej.v6i1.554
Santoso, G., Rahmawati, P., Murod, M., & Setiyaningsih, D. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Karakter Sopan Santun Siswa. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 9199.
Setiawati, S., Muslihah, N. N., & Romdon, M. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Perilaku Sikap Sopan Santun Siswa Di Sekolah Dasar Inklusi Azaddy Al- Ghozali Sumedang. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 131137. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i2.937
Suherman, T. (2021). Pengaruh Penerapan Tata Tertib Sekolah Terhadap Disiplin Belajar PAI dan Prestasi Belajar PAI. Jurnal Sosial Sains, 1(3), 170188. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i3.50
Sultani, D. A., & Afifah, S. N. (2023). Pengaruh tata tertib terhadap pembentukan karakter siswa SMK Bina Pangudi Luhur. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4170-4179.
Trisnowati, H., & Marlinawati, U. (2020). Monitoring Kepatuhan Peraturan Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah Kota Yogyakarta. Disease Prevention and Public Health Journal, 14(1), 6. https://doi.org/10.12928/dpphj.v14i1.1802
Ulva, N., & Ahmad, A. F. (2020). Sikap siswa dalam penggunaan seragam sekolah di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(3), 3750.
Ummah, L. H., Ruskandi, K., & Wahyudin, D. (2021). Pengaruh Seragam Sekolah di Masa Pandemi terhadap Kedisiplinan Siswa. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD, 2(1), 985996.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.27155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION


















