PENGARUH JENIS FEEDBACK DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR PROSEDURAL PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Khoirul Muanam(1*), Made Duananda Degeng(2), Ence Surahman(3)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi jenis feedback dan Locus of Control terhadap hasil belajar prosedural mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Kemampuan prosedural dipandang krusial dalam pembelajaran yang menuntut keterampilan teknis dan berpikir sistematis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu pada 68 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2023. Subjek dibagi ke dalam tiga kelompok perlakuan: teacher feedback, peer feedback, dan self feedback, yang selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan Locus of Control internal dan eksternal. Instrumen tes hasil belajar prosedural berupa 20 soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan prasyarat normalitas dan homogenitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar prosedural antar strategi feedback (p = 0,002), dengan peer feedback menghasilkan rata-rata nilai tertinggi. Tidak ditemukan perbedaan signifikan berdasarkan Locus of Control saja (p = 0,751). Namun, terdapat interaksi signifikan antara strategi feedback dan Locus of Control (p = 0,046), menunjukkan bahwa efektivitas feedback dipengaruhi karakteristik psikologis mahasiswa. Temuan ini menegaskan pentingnya pemilihan strategi feedback yang adaptif terhadap profil Locus of Control guna mengoptimalkan hasil belajar prosedural.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Proyek; Feedback; Locus of Control; Hasil Belajar; Prosedural

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adirilany, S. F., Sari, S. Y., Ferdiansyah, S., Nisa, K., & Doutel, J. D. S. (2023). Pengawasan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa di Era Society 5.0. Proceedings Series of Educational Studies. https://doi.org/10.17977/um083.7903

Agustian, A., Lisdiana, K., Suryana, A., & Nursalman, M. (2025). Analisis Statistik Uji Normalitas dan Homogenitas Data Nilai Mata Pelajaran dengan Menggunakan Python. AL-IBANAH, 10(1), 51-56.

Alarfaj, M., Mohamed, S. R., Chtourou, S., Enshasy, H., Aboulnaga, A., & Hassan, M. (2024). Experience of Project-Based Learning: Challenges, Assessment, and Analysis. International Journal of Engineering Pedagogy, 14(3).

Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. Journal Of Science Education.

Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6208

Damayanti, A. (2023). Pengaruh Metode Feedback (Timbal Balik) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 5 Banyutengahpanceng Gresik Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 3(1), 1-20.

Dhika, B. L. S., Watulingas, J. R., & Haryaka, U. (2021). Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43–50. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.338

Mulyasari, Z. I., Herlambang, A. D., & Afirianto, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Prosedural pada Konteks Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(11), 5313-5319.

Rahmawati, A. S., & Erina, R. (2020). Rancangan Acak Lengkap (Ral) Dengan Uji Anova Dua Jalur. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 54–62. Https://Doi.Org/10.37478/Optika.V4i1.333

Santoso, S. A. (2024). Pengaruh Metode Feedback (Timbal Balik) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 1-9.

Supriyady, R. D. Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita Materi SPLTV Dikaji Dari Gaya Belajar Di SMA Santun Untan Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 9(2), 77-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i2.27110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.