PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V MIN 12 MEDAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berfokus pada kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Topik ini diangkat karena masih banyak siswa yang kurang percaya diri saat diminta tampil di depan kelas serta beberapa di antaranya belum mampu bekerja sama dengan baik dalam diskusi kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian dilakukan di MIN 12 Medan dengan subjek siswa kelas V. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimental, dan pengambilan sampel dilakukan melalui teknik total sampling. Pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, serta tes berupa pretest dan posttest dalam bentuk angket (kuesioner). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik, termasuk uji normalitas, uji paired, dan uji independent t, dengan bantuan software IBM SPSS 25. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Likert yang terdiri dari pernyataan dengan 4 pilihan jawaban. Hasil dari paired samples test menunjukkan nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menandakan adanya perbedaan kemandirian belajar siswa berdasarkan nilai pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efikasi diri berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aprianni, S., Wardhani, S. N., Mardhatillah, S., Azzuhro, M., & Wandini, R. R. (2021). Kesulitan Belajar Materi Matematika Terhadap Siswa Di Sekolah Dasar (SD). AL-IHTIRAFIAH: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 141-147.
Ariansyah, M., Juarsa, O., & Hambali, D. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Kemandirian Belajar Kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 126-134.
Baron, R. A. (2021). Psikologi Sosial. Penerbit Erlangga.
Carpenter, S. K., Endres, T., & Hui, L. (2020). Students’ use of retrieval in self-regulated learning: Implications for monitoring and regulating effortful learning experiences. Educational Psychology Review, 32(4), 1029-1054.
Endayani, H. (2018). Sejarah Konsep Pendidikan IPS. ITTIHAD.
Fatihah, M. A. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197-108.
Kurniawati, D. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Srandakan. BASIC EDUCATION, 5(23), 2-197.
Mardianto. (2021). Psikologi Pendidikan. Perdana Publishing.
Mohammad, A. (2019). Psikologi Pembelajaran. Bandung.
Nasution, A. (2020). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin.
Nasution, T. & Endayani, H. (2018). Bahan Ajar: Konsep Dasar IPS. Medan: Fakultas Tarbiyah UINSU.
Qomariah, N., Utami, W. S., Larasati, D. A., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII dalam Mata Pelajaran IPS di SMPN 27 Surabaya. Dialektika Pendidikan IPS, 2(3), 44-56.
Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 382-387.
Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Media Video Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1876-1883.
Semiun, Y. (2020). Teori-teori kepribadian behavioristik. PT Kanisius.
Suba, A. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) SMK Islam Wijaya Kusuma Lenteng Agung. Psiko Edukasi, 16(1), 1-13.
Suk, Y. S., Sumardi, S., & Putra, K. S. (2018). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner dan Efikasi Diri dengan Produktivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 646-653.
Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.
Susanti, E., & Henni, E. (2018). Konsep Dasar IPS. CV. Widya Puspita.
Tampubolon, A. M. (2019). Peningkatan Self Efficacy Siswa Kelas X MAN 4 Martubung Medan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(2).
Triyono, T. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Widyaningrum, R., & Susilarini, T. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas xi smait raflesia depok. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(2), 1-6.
Wijayanti, R. B. (2022). Pengaruh Gaya Belajar dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar IPS. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 489-497.
Yuliansyah, Y., & Jahin, N. P. (2018). Hubungan antara efikasi diri dengan intensi berwirausaha pada siswa kelas XII SMK Negeri 6 Palembang. Jurnal Ilmiah Psyche, 12(2), 91-100.
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.
Zunidar. (2020). Perencanaan Pembelajaran. Perdana Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.26058
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).