PENGARUH MEDIA PICTURE IN THE BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN 12 MEDAN
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Media pembelajaran merupakan hal yang penting bagi siswa dalam belajar, untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar, menanamkan rasa ingin belajar terus menerus pada diri siswa, namun tidak jarang banyak kelas atau siswa yang pada saat belajar terlihat diam dan tidak ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media picture in the box terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ips di MIN 12 Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah angket berpikir kritis siwa dengan menggunakan media picture in the box. Data di analisis menggunakan uji valiitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji Paired Samples Statistik. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media picture in the box terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ips di MIN 12 Medan. Adapun Hasil penelitian ini yaitu dengan interval kepercayaan 95% yang berada dalam rentang -9.534 hingga -5.521, serta nilai t sebesar -7.616, disimpulkan bahwa perlakuan memiliki efek signifikan dalam meningkatkan nilai peserta. Karena nilai Sig. (0.000) lebih kecil dari 0.05, maka hipotesis nol (H?) ditolak, dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti ada perbedaan signifikan antara nilai sebelum dan sesudah perlakuan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Damanik, M. H. (2021). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Fauzan, A. D. M. S. N., Muriyatmoko, D., & Utama, S. N. (2020). Penerapan Teknologi Augmented Reality ELSE (Elementary School Education Journal). vol, 4, 63-78.
Febriani, M. (2021). IPS dalam pendekatan konstruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Hasbi, S. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Manhaji Medan.
Jadidah, I. T., Awalia, E. S., Abdillah, A., Ananta, S., & Darmawan, N. (2022). Analisis Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. SIGNIFICANT: Journal Of Research And Multidisciplinary, 1(02), 07-15.
Jahro, E. N., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2023). Meningkatkan Pengetahuan IPS Melalui Media Pembelajaran Picture in the box Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 32(3), 359-368.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Nasution, A. J., Septya, J. D., Uswah, F., Widyaningsih, A., & Gusnirwan, H. (2023). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran PPKn di Prestige Bilingual School Kota Medan. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 118-126.
Nurul, B., & Rachmani, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu pada Model Pembelajaran Preprospec Berbantu TIK. Prisma. In Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, p. 299).
Panjaitan, N., Ananda, R., & Perkasa, R. D. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 74-89.
Pardede, F. P. (2022). Pendidikan karakter perguruan tinggi Islam berbasis multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353-364.
Putra, A. A., & Syahriman, S. (2020). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Manajemen Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa Kelas Viii C Smp N 17 Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(3), 262-270.
Rambe, A. H., Aufa, A., Gustiani, G., Mawaddah, M., & Monikha, S. A. (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1606-1611.
Susannti, E., & Endayani, H. (2018). Kosep Dasar IPS. CV. Widya Puspita.
Susanto, T. A. (2021). Pengembangan e-media nearpod melalui model discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3498-3512.
Syahfitri, R., Nasution, S., & Rambe, R. N. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 138-153.
Syahrum, S., & Salim, S. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif. Citapustaka Media.
Tampubolon, A. M. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X MAN 4 Martubung Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).
Wandini, R. R., Siregar, T. R. A., & Iskandar, W. (2021). Analisis materi pokok bahasa Indonesia kelas V MI/SD berbasis HOTS (higher order thinking skills). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 156-166.
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.
Zairima, E., Rustam, R., & Siregar, L. N. K. (2024). Penerapan Media Film Kartun pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesiadi SD Swasta Patria Al-Ittihadiyah Percut Sei Tuan Deli Serdang. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 2(2), 259-272.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).