PERAN GURU BK DALAM MENGATASI SISWA BERMASALAH MELALUI BIMBINGAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR

Nurul Jannah(1*), Fauziah Nasution(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menyelidiki peran konselor sekolah dalam menggunakan teknik Empty chair dalam konteks konseling individu di lingkungan sekolah. Berdasarkan teori-teori psikologi seperti teori Gestalt dan analisis transaksional Berne, penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, yang mencakup analisis literatur dan wawancara mendalam dengan konselor sekolah, untuk meneliti bagaimana teknik Empty chair dapat membantu siswa dalam mengatasi masalah mereka. Temuan analisis literatur mengungkapkan bahwa teknik Empty chair memberi siswa kesempatan untuk mengeksplorasi perasaan, pikiran, dan perilaku mereka lebih dalam, sejalan dengan penekanan teori Gestalt pada kesadaran diri. Selain itu, analisis transaksional Berne memperkuat penerapan teknik tersebut dengan mengakui bahwa individu memiliki berbagai status ego yang memengaruhi perilaku mereka. Wawancara mendalam dengan konselor sekolah menunjukkan bahwa teknik Kursi Kosong telah memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa, termasuk peningkatan pemahaman diri dan keterampilan interpersonal. Namun, tantangan dalam penerapan teknik ini juga diakui, termasuk keterbatasan waktu dan sumber daya, serta penolakan siswa terhadap konseling. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menggarisbawahi peran penting konselor sekolah dalam memanfaatkan teknik Kursi Kosong untuk secara efektif mendukung siswa dalam mengatasi tantangan mereka di lingkungan sekolah.


Keywords


Konselor Sekolah; Empty chair; Kursi Kosong; Konseling Individu; Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, L. N. (2018). Efektivitas konseling gestalt teknik kursi kosong untuk meminimalisir perasaan trauma korban bullying. Proceeding Humanities: Teacher Training and Education, 1(1), 22-27.

Dyastuti, S. (2012). Mengatasi Perilaku Agresif Pelaku Bullying Melalui Pendekatan Konseling Gestalt Teknik Kursi Kosong. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(1).

Ekayani, E. D. (2023). Pengaruh E-Worksheet Berbasis Inquiry Based Learning Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan terhadap Keterampulan Komunikasi Ilmiah Siswa.

Hitge, E. (2006). The use of gestalt therapy to re-write life script (Doctoral dissertation, University of South Africa).

Kusuma, I. P. W. B., Putri, D. A. W. M., & Suarni, N. K. (2015). Penerapan Konseling Gestalt Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X IIS 3 Tahun Pelajaran 2014/2015 DI SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 3(1).

Lestari, L. M., Baharudin, Y. H., & Dwiyanti, A. N. (2021). Efektivitas Konseling Gestalt menggunakan Teknik Empty chair untuk Meningkatkan Self Esteem pada Peserta Didik Korban Bullying. Cermin: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 2(1), 44-52.

Maslove, V. J. (1989). The differential effects of empathic reflection and the gestalt empty-chair dialogue on depth of experiencing when used with an issue of unfinished business (Doctoral dissertation, University of British Columbia).

Muthohharoh, M., & Karneli, Y. (2020). Layanan konseling perorangan dengan teknik kursi kosong untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17(01), 14-19.

Paivio, S. C., & Greenberg, L. S. (1995). Resolving" unfinished business": efficacy of experiential therapy using empty-chair dialogue. Journal of Consulting and Clinical psychology, 63(3), 419.

Ratnasari, D. (2016). Meningkatkan Kekohesifan Keluarga Siswa Dengan Kombinasi Strategi Empty chair Dan Reframing. Edusentris, 3(2), 162-174.

Safitri, M., Respati, W. S., & Luthfi, A. (2015). Model Konseling Melalui Psikodrama dan Hipnoterapi untuk Meningkatkan Potensi Mahasiswa in. In Psychology Forum.

Safitri, S., Respati, W. S., & Luthfi, A. (2017). Gambaran kecenderungan kecanduan pornografi pada anak sekolah dasar di Jakarta Barat. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 15(2).

Sembiring, I. W. (2021). Home Visit Sebagai Solusi Tepat Untuk Menyelamatkan Siswa Bermasalah. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 2(1), 1-10.

Septamara, R. B., Prasetiawan, H., & Prasetya, A. B. (2022). Keefektivan Layanan Konseling Individual Untuk Mengurangi Quarter Life Crisis Dengan Empty chair Pada Kaum Milenial. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2, pp. 511-531).

Suryaman, A. (2017). Efektivitas teknik kursi kosong dalam konseling kelompok untuk meningkatkan komunikasi verbal. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 3(9), 527-535.

Toviyani, A. (2023). Penggunaan Teknik Assosiasi Bebas Dan Play Therapy Dalam Konseling Kelompok Untuk Membantu Mengentaskan Masalah Siswa Pada Kelas X 1 Di SMAN Tegalombo. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 3(2), 140-150.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).