KOLABORASI YANG DILAKUKAN GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN ORANG TUA MELALUI KOMUNIKASI DAN DISKUSI

Hasanah Hasibuan(1*), Khairuddin Khairuddin(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kolaborasi antara guru bimbingan dan konseling (BK) dengan orang tua siswa melalui komunikasi dan diskusi di SMA Negeri 1 Kotapinang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari penelitian lapangan yang melibatkan wawancara dengan kepala sekolah, guru BK dan orang tua siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur observasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara guru BK dan orang tua dilakukan melalui berbagai cara, seperti surat, telepon, WhatsApp, dan pertemuan langsung. Diskusi antara guru BK dan orang tua biasanya membahas perkembangan akademik siswa, masalah pribadi, serta rencana karir siswa. Komunikasi dan diskusi ini berperan penting dalam membangun hubungan yang kuat dan rasa saling percaya antara guru dan orang tua, serta memastikan dukungan yang efektif untuk perkembangan siswa. Kolaborasi yang efektif antara guru BK dan orang tua terbukti membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung bagi siswa.


Keywords


Guru; Bimbingan Konseling; Komunikasi; Diskusi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afdal, A. (2019). Kompetensi Bimbingan Karir Kolaboratif Guru Bk/Konselor SMA Negeri di Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Guru Indonesia: JPGI, 4(2), 100-104.

Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023). Psikologi Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2368-2377.

Armini, N. K. (2024). Evaluasi metode penilaian perkembangan siswa dan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98-112.

Erifkha, E. U., & Zulfahmi, M. N. (2024). Upaya Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Melalui Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 243-263.

Fitriani, Y. (2018). Kolaborasi Guru Bk Dengan Wali Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V11 Di Mtsn Babadan Baru. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 2(2), 134-145.

Pramesti, L. K. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Sopan Santun Siswa Di SMPN 2 Sambit (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Pribadi, K. A. (2004). Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Guru dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Kota Bontang.

Purwaningrum, R., Surur, N., & Asrowi, A. (2023). Harmonisasi Hubungan Guru Bimbingan dan Konseling dengan Orang Tua melalui Strategi Kolaborasi: Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 119-136.

Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., & Sagita, D. D. (2020). Strategi Kolaborasi Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Educational Guidance And Counseling Development Journa, Iii(1), 1–7.

Sinaga, M. H. P., Qurrata, K., & Andini, V. (2022). Pola Pelaksanaan Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Atas. Bulletin Of Counseling And Psychotherapy, 4(1), 110–116.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).