PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OUTCOME BASED EDUCATION PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Menciptakan perangkat pendidikan merupakan tindakan awal yang harus dilakukan untuk mendukung mutu proses pembelajaran, salah satunya rencana pembelajaran semester. Pengembangan rencana pembelajaran semester perlu diperhatikan apa kurikulum yang berlaku dalam satuan pendidikan. Outcome Based Education (OBE) adalah kurikulum yang diterapkan pada perguruan tinggi dikarenakan dapat menjawab berbagai permasalahan dalam perkembangan dunia industry. Rencana pembelajaran semester yang ada selama ini belum berbasis OBE walaupun di tahun 2023 sudah dilakukan sosialisasi dan workshop bagi dosen di lingkungan universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum untuk program Pendidikan Guru Madrasah Dasar selama satu semester yang didasarkan pada teori dan praktik Pendidikan Berbasis Hasil OBE. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang diusulkan oleh Thiagarajan dkk. untuk membuat strategi pembelajaran selama satu semester. Hasil uji terhadap rencana pembelajaran semester berbasis Outcome Based Education diperoleh rerata skor berada pada rentang 4–5 dengan kategori valid, baik dari segi format, isi, dan bahasa. Hasil respon yang terlihat dari aktivitas mahasiswa dan respon dosen menunjukkan rerata frekuensi berada pada rentang 81%-100% yang artinya praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Fatimah, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Hamka, D., & Vilmala, B. K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. JeITS: Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(2), 145–154.
Muzakir, M. I., & Susanto. (2023). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (Obe) Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118–139.
Nasution, A., & Arlina, A. (2016). Perencanaan Pembelajaran Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Rohaili, J., Setiadi, D., & Kusmiyati, K. (2021). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Model Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Kearifan Lokal Berbasis Outcome Based Education (OBE) Melalui Penggunaan Media Online Terhadap Literasi Sains. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 157–162. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2379
Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Pustaka Ilmu.
Yudha, S., Saputra, O. A., Purwanto, R., & Nugraha, A. W. (2021). Analysis of Chemical Teaching Materials for Class X SMA / MA on The Discussion of The Role of Chemistry in Daily Life. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 10(3), 109–117. https://doi.org/10.23960/jppk.v10.i3.2021.11
Yuliani, T., & Nugraha, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Tasawuf berbasis KKNI. Inovasi Kurikulum, 18(2), 54–62.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25926
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).