PENGEMBANGAN MEDIA MABAR PADA MATERI IPS KELAS IV MENURUT Q.S AN-NAHL AYAT 14 DI MIS NURUL HUDA

Tazkia Nafira(1*), Eka Yusnaldi(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media materi bergambar (Mabar) pada materi IPS sumber daya alam dan pemanfaatannya untuk kelas IV MIS Nurul Huda yang layak diuji cobakan. Penelitian ini menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu : 1. Define, 2. Design, 3. Develop, 4. Disseminate. Subjek uji coba produk ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, 2 orang guru, dan 18 orang siswa kelas IV yang menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang dihasilkan berupa data penilaian kelayakan produk dan keberhasilan uji coba produk terhadap pembelajaran. Pada perolehan skor masing masing menggunakan skala likert yang kemudian dituangkan kedalam tabel kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Data Validitas produk media dari ahli media memperoleh nilai 3,5 dengan persentase 70% kategori valid sedangkan validitas dari ahli materi memperoleh nilai 4,6 dengan persentase 92% kategori sangat valid, dan validitas dari ahli bahasa memperoleh nilai 4,0 dengan persentase 80% kategori sangat valid. Uji keefektifan media Mabar dari Pre-Test memperoleh skor tertinggi 70 dan skor terendah 52. Sedangkan keefektifan media Mabar dari Post-Test memperoleh nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 74. Uji kepraktisan dari respon siswa memperoleh nilai 3,2 dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil dari uji kepraktisan respon pendidik memperoleh nilai 3,6 dengan kategori sangat praktis.


Keywords


Pengembangan Media; Mabar; Materi; Ilmu Pengetahuan Sosial; Q.S An-Nahl

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. Ittihad, 2(2).

Faqih, N. M., & Fauzi, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks IPS Tema Indahnya Kebersamaan Pada Peserta Didik Kelas 4 MI An Nuriyah Kwanyar Bangkalan. Fikroh, 13(2), 122-132.

Halimsyah, A. (2021). Media dan Sumber Belajar di MI/SD.

Sari, M. (2016). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Berbasis Permainan Domino Matematika Terhadap Proses Belajar Siswa Kelas III Di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.

Zuhrowati, M. (2018). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran IPA pada materi pemanasan global.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).