PERAN KEMANDIRIAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DI PANTI ASUHAN TAHFIDZ HIDAYAH
(1) (Sinta Id: 6022142) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan setiap individu dan merupakan fondasi utama bagi kemajuan suatu masyarakat. Ketika sistem pendidikan berjalan dengan baik, maka kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan akan meningkat seiring dengan kemajuan tersebut. Pendidikan mencakup berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk sosial, budaya, politik, dan agama, sehingga seluruh aspek kehidupan ini dipengaruhi oleh pendidikan. Keberhasilan pendidikan dapat diukur melalui pencapaian belajar yang diraih oleh siswa; semakin baik hasil belajar mereka, semakin tinggi pula mutu pendidikan yang tercapai. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai faktor yang memengaruhi proses pendidikan, di antaranya adalah kemandirian dalam belajar dan lingkungan belajar. Kemandirian belajar mencerminkan kesadaran seseorang untuk belajar secara mandiri tanpa paksaan, sementara lingkungan belajar yang memadai, seperti tempat yang nyaman dan sumber belajar yang tersedia, juga berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik, dan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, yaitu melibatkan seluruh populasi. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPA di panti asuhan tahfidz hidayah terhadap kemandirian belajar secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar IPA; dan 3) lingkungan belajar juga memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1959-1965.
Harso, A., & Seku, A. Y. (2023). Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SMPK Inemete Nangapanda. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(9), 7589-7594.
Halim, S. N. H., & Rahma, R. (2020). Pengaruh lingkungan belajar, motivasi belajar, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102-109. https://doi.org/10.29303/jm.v2i2.1777
Irfan, N. (2018). Hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 31(1).
Hamalik, O. (2012). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Permana, L. (2011). Perencanaan pembelajaran ekonomi. Bandung: Lab. Pendidikan Ekonomi dan Koperasi UPI Bandung.
Putri, W. A., Fitriani, R., Rini, E. F. S., Aldila, F. T., & Ratnawati, T. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa IPA di SMAN 6 Muaro Jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).
Pahlawati, Y., & Zain, M. S. (2021). Korelasi lingkungan belajar terhadap sikap pada mata pelajaran fisika. Integrated Science Education Journal, 2(1), 1-6.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharman. (2005). Psikologi kognitif. Surabaya: Srikandi.
Winkel, W. S. (2005). Psikologi pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yusdasari, M., Ambarita, A., & Muncarno, M. (2020). Hubungan lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).