PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen, menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV A, yang berjumlah 22 orang, sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi tes instrumen, wawancara, dan angket. Sementara itu, teknik analisis data mencakup analisis hasil angket, evaluasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, serta penghitungan peningkatan literasi dasar keterampilan berbicara melalui penggunaan media tersebut.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi antara kognitif dan kemampuan berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1-8.
Bukian, P. A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian kinerja keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ika, 15(2), 133-145.
Damanix, C. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1), 27-42.
Devianty, R. (2019). Membangun bahasa komunikatif untuk anak usia dini. NIZHAMIYAH, 9(2).
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.
Junaida, J. (2018). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V Min Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Al-Fatih, 1(1), 36-54.
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2).
Mardianto, M., Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). Strategi Dan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Pandemi Covid-19. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 13-24.
Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189-200.
Nasution, J. S., Fatonah, S., Sapri, S., & Sakdah, M. S. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di SD Islam Terpadu Al-Fityan Medan Sumatera Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 654-671.
Rachmawati, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cake Apps terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 160-169.
Rambe, A. H., Aufa, A., Gustiani, G., Mawaddah, M., & Monikha, S. A. (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1606-1611.
Rambe, R. N., Syahfitri, A., Humayroh, A., Alfina, N., Azkia, P., & Rianti, T. D. (2023). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 11-24.
Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29-32.
Sari, B. P. (2023). Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV MIS Annur Bandar Khalipah. NIZHAMIYAH, 13(1), 25-42.
Sifa, R. M., Harahap, A. A. R., Khairat, M., Rambe, A. H., Putri, F. W., Ginting, F. A., & Setiani, E. A. (2022). Implementasi Budaya dan Pendidikan Karakter dalam Membentuk Karakter Islami di SD Nurfadilah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13081-13089.
Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).
Ulantika, B., Khoiron, F., Iswani, J. T., Ananta, M. F., & Nasution, A. F. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Pada K-13. Cemara Education and Science, 1(2).
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode pembelajaran berbasis masalah siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2(1).
Wandini, R. R., Anas, N., Damanik, E. S. D., Albar, M., & Sinaga, M. R. (2020). Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Siswa Sekolah Dasar. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 108-124.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).