PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA DI KELAS MIKROTHEACHING TADRIS IPS TAHUN AKADEMIK 2023-2024
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Keterampilan mengajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesiapan mengajar mahasiswa dikelas mikrotheaching tadris ips tahun akademik 2023-2024. Sebab itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana pengaruh keterampilan mengajar terhadap kesiapan mengajar mahasiswa di kelas mikrotheaching Tadris IPS Tahun Akademik 2023-2024. Jenis penelitian ini yaitu expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jurusan tadris ips yang mengikuti mata kuliah microtheaching pada semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Sampel penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling dan teknik simple random sampling. Sampel ditentukan melalui penggunaan purposive sampling yang mencakup sejumlah variabel berbeda. Sebelum memulai analisis, dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan analisis regresi, seperti uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Setelah itu Uji T digunakan untuk mengetahui sejauh mana masing-masing variabel eksogen mampu memberikan pengaruh terhadap variabel endogen. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar terhadap kesiapan mengajar sebab nilai t hitung > t tabel ( 3.494 > 1.984) dan taraf signifikansi sebesar 0.001 < 0.05.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abadi, A. A. (2006). Problematika penentuan sampel dalam penelitian bidang perumahan dan permukiman. DIMENSI (Journal of Architecture and Built Environment), 34(2), 138-146.
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
Amrulloh, I. R. Y. (2017). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Islami Dengan Perilaku Islami Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Smp Muhammadiyah Cilongok Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN).
Arqam, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. In Jurnal Peqguruang: Conference Series (Vol. 1, No. 2, pp. 1-8). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Asyariah Mandar.
Balaka, M. Y. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Penerbit Widina.
Chabibah, N. (2024). Kreativitas Keterampilan Mengajar Mahasiswa Ppl Pgmi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Primary Edu, 2(1), 13-27.
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan sistem kuesioner daring dengan metode weight product untuk mengetahui kepuasan pendidikan komputer pada lpk cyber computer. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01).
Firdaus, M. (2010). Intrumen Penelitian. in Metodelogi Penelitian, 15–20.
Nunzairina, N., Sampoerno, M. N., Damanik, M. H., & Iskandar, W. (2021). Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 49-64.
Padli, F., Ketua, P., Al, S., & Tinggi, H. T. (2022). Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Islam Berbasis Multikultural. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 353–364. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127
Rahmadani, H. N., Kartikowati, R. S., & Syabrus, H. (2022). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(6), 1864. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i6.8934
Sani, A. (2016). Pengaruh Moral Wajib Pajak, Sikap Wajib Pajak Dan Norma Sujektif Terhadap Kepatuhan Pajak Melalui Pemahaman Akuntansi. Encyclopedia of Systems Biology, 5(2), 1646–1646.
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Sumantri, D., Subijanto, S., Siswantari, S., Sudiyono, S., & Warsana, W. (2017). Pengelolaan Pendidikan Kejuruan: Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Tahun.
Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wahyudi, R., & Syah, N. (2019). Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 6(1), 1–5.
Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020

RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).