PENGARUH STRATEGI SOSIODRAMA TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN 3 MEDAN

Luthfiyah Zulfaini Silalahi(1*), Eka Yusnaldi(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini dilatar belakangi oleh kasus daya cipta yang terjalin pada partisipan ajar di sekolah dasar. Salah satu kasus yang terdapat pada partisipan ajar ialah daya cipta belajar partisipan ajar dalam menghasilkan suatu yang terkini semacam produk ataupun buah pikiran dalam membongkar permasalahan ataupun sebagai keterampilan dalam memandang unsur-unsur yang sudah terdapat sebelumnya. indikasi daya cipta belajar ini ditandai dengan masih terdapatnya partisipan ajar yang belum berani melaporkan opini pada saat metode pembelajaran aktif. Apalagi masih terdapat partisipan ajar yang sungkan menambahkan data pada materi-materi yang dipaparkan guru. tidak cuma itu, sensibilitas partisipan ajar dalam pembelajaran pula jadi permasalahan penting dalam perihal ini. Guna menanggulangi kondisi yang berlangsung di sekolah dasar ini maka strategi sosiodrama di anggap cocok dengan keinginan partisipan ajar untuk menambah daya cipta belajarnya. Riset ini bermaksud untuk mengetahui dampak strategi sosiodrama kepada daya cipta belajar anak didik kelas V MIN 3 Medan. Tipe riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan pendekatan hubungan, dengan jumlah populasi sebanyak 32 partisipan ajar. Selain itu, metode pengumpulan informasi memakai angket serta dokumentasi. Bersumber pada hasil pengolahan informasi serta analisa data yang sudah dicoba, maka bisa didapat kesimpulan bahwa ada pengaruh antara variable X yakni metode sosiodrama terhadap variabel Y yakni daya cipta belajar partisipan ajar kelas V pada mata pelajaran IPS di MIN 3 Medan. Besarnya tingkatan pengaruh antara variabel X dan variabel Y yakni sebesar 0.664. Ini maksudnya bahwa pegaruh metode sosiodrama terhadap daya cipta belajar partisipan ajar kelas V pada mata pelajaran IPS di MIN 3 Medan terletak dalam golongan“ Kuat”.


Keywords


Strategi; Sosiodrama; Kreativitas Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agnia, F., & Hayu, W. (2017). Metode sosiodrama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1–9.

Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi strategi outdoor learning variasi outbound untuk meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10745

Ali, M., & Asrori, M. (2015). Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Ammy, P. M., Dachi, S. W., & Harahap, T. H. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search Terhadap Kemampuan Kreativitas Belajar Peserta Didik SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 3(3), 93–98.

Anas, N., Maharani, A., HSB, L. A., Nabilla, R., & Ramadani, S. (2023). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di SD Muhammadiyah 18 Medan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 364–371. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1779

Anpariza, D., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Strategi POE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1492–1501. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.965

Ardilla, N., Salminawati, & Siregar, L. N. K. (2022). Peran Orang Tua Dan Guru Pada Minat Belajar Dalam Kemampuan Membaca Siswa Di Sd Negeri 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan (Studi Kasus Pada Kemampuan Membaca Siswa). NIZHAMIYAH, 12(2).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Fauzyyah, A. (2019). Pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur (Doctoral dissertation, IAIN Metro). Doctoral dissertation, IAIN Metro. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/59/

Khairunnisa, S., Fitriani, F., & Safran. (2024). Inovasi Dalam Perencanaan Pembelajaran Untuk Mendorong Keaktifan Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 193–197. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.417

Livenzie, F. R. (2022). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Munandar, U. (2020). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah.

Nuraida. (2020). Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Adab Makan dan Minum. Jurnal Literasiologi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.130

Rambe, A. H., Gustiani, Dita, R., Simatupang, S. N., & Rahmadhani, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Siswa di Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 693–695. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5303

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2012). Cara menggunakan dan memakai path anlysis. Bandung: Alfabeta.

Salim, & Syahrum. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cita Pustaka Media.

Sari, L., Purba, R., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). Penerapan Pendekatan Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah. Akademi Pendidikan, 13(2), 199–209. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.59672/emasains.v5i1.21

Sholikah, S. (2019). Pengaruh Metode Collaborative Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fiqih Di Ma Nu Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung.

Siahaan, A., Syukri, M., & Akmalia, R. (2022). Educational Supervision In The Implementation Of Graduate Quality-Based Management In The Era Of The Covid-19 Pandemic. Journal of Positive School Psychology, 6(6), 1204–1212. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/14248/

Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 13(1), 68–83. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.841

Sit, M. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Zahidah, R., & Yusnaldi, E. (2022). Relationship Analysis Of Reading Skills Level On Student Learning Outcomes In SD IT Darul Adzkia. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 93–102. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/16057/

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 62–67. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3011

Zunidar. (2019). Peran guru dalam inovasi pembelajaran. NIZHAMIYAH, 9(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i2.550.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).