IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MEMBINA MORAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SATU ATAP PATUMBAK

Aisyah Amini(1*), Syarbaini Saleh(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang implementasi model pembelajaran konsiderasi dan pentingnya pembinaan moral peserta didik di SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak. Model pembelajaran konsiderasi merupakan model pembelajaran yang memfokuskan pada perkembangan tingkah laku maupun moral pada peserta didik untuk lebih perhatian atau peduli dengan orang sekelilingnya sehingga dapat terjadinya sikap dalam bekerja sama maupun hidup rukun dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran konsiderasi pada anak sekolah menengah pertama pada mata pelajaran PPKn. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif yaitu menggambarkan fakta-fakta dan karakteristik suatu populasi yang diuraikan secara sistematis, konsisten, faktual, dan tepat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi guru mata pelajaran PPKn dan Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konsiderasi yang diterapkan oleh guru PPKn di SMP Negeri 2 Satu Atap Patumbak berperan aktif dalam mengatasi kemerosotan nilai moral yang terjadi pada generasi muda di era modern maka sebab itu guru PPKn mengarahkan siswa untuk saling menghargai sesama umat beragama, memperlakukan setiap siswa dengan rasa hormat, menciptakan suasana dalam kebersamaan, menjauhi sikap otoriter, saling membantu, pembiasaan.


Keywords


Model Pembelajaran Konsiderasi; Pendidikan Kewarganegaraan; Moral Peserta Didik

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ayatillah, M. I. F. (2023). Analisis Media Pembelajaran PAI Kelas X dalam Meningkatkan Hasil Belajar di MAN 1 Surabaya. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 8(2), 198-216.

Badru, Z., & Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Penerbit Upi.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Damanik, M. H. (2021). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Hasanah, R., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Times) dan Model Pembelajaran Konsiderasi di TK Khalifah Baciro Kota Yogyakarta. Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2).

Jafri, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10-33.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nunzairina, N., Sampoerno, M. N., Damanik, M. H., & Iskandar, W. (2021). Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 49-64.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050-8054.

Pardede, F. P. (2021). Implimentasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Proses Pembelajaran dan Pelayanan Akademik Di STIT Al Hikmah Tebing Tinggi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Prianggita, V. A. (2016). Penerapan Model Konsiderasi Dan Pembentukan Rasional Dalam Pembelajaran. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 72-80.

Sarbaini, S. (2012). Model Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral: Dari Teori Ke Aplikasi. Aswaja Pressindo.

Septya, J. D., Ziliwu, S., Meilyani, M., Uswah, F., & Damanik, M. H. (2024). Faktor Sosial Budaya dan Pengembangan Masyarakat dalam Pendidikan Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1), 42-52.

Setiaji, D. F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Konsiderasi untuk meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-wahyu Cibubur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D. Alfabeta.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).