EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS X SMAN 1 PAPAR
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan observasi ialah guna mengevaluasi efektivitas pendekatan belajar berbasis proyek (Project based learning) dalam menaikkan kesanggupan berpikir kritis siswa kelas X atas mata pelajaran ekonomi. Observasi ini memakai pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Kelas X-1 dijadikan kelompok eksperimen yang mengimplementasikan desain belajar berbasis proyek, sementara kelas X-9 sebagai kelompok kontrol yang mengimplementasikan desain belajar Discovery Learning. Berdasar analisis skor N-Gain, siswa memakai pendekatan belajar berbasis proyek mempunyai skor berpikir kritis rata-rata sebesar 63,0376, membuktikan peningkatan signifikan. Sebaliknya, siswa belajar dengan desain Discovery Learning mencatat skor rata-rata 7,1400, dianggap tidak efektif. Hasil membuktikan bahwasanya pendekatan belajar berbasis proyek secara signifikan berhasil menaikkan kesanggupan berpikir kritis siswa. Perbedaan kesanggupan berpikir kritis antara siswa kelas X-1 serta X-9 signifikan, didukung hasil uji Independent Samples T-Test dengan angka signifikansi 0,000 < 0,05. Sebab itu, hipotesis nol (H0) ditolak, memperkuat bukti bahwasanya pendekatan belajar berbasis proyek efektif menaikkan kesanggupan berpikir kritis siswa atas mata pelajaran ekonomi di kelas X.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Ibda, H. (2022). Belajar dan pembelajaran sekolah dasar: fenomena, teori, dan implementasi. CV. Pilar Nusantara.
Korpi, H., Peltokallio, L., & Piirainen, A. (2018). Problem-based learning in professional studies from the physiotherapy students’ perspective. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 13(1).
Nurhasanah, S., Arasti, A., Susanti, F. D., Rumperiai, M. G., & Hindun, I. (2020). Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada pembelajaran CBL. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Oktavianto, D. A. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan google earth terhadap keterampilan berpikir spasial. Jurnal Teknodik, 059-059.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50.
Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM: Asesmen Kompetensi Minimum. Bumi Aksara.
Sani, R. A., & Prayitno, W. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum “Panduan Penilaian Untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surasa, N. N., Witjaksono, M., & Utomo, S. H. (2017). Proses belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran ekonomi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(1), 78-84.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa madrasah aliyah negeri di Kabupaten Magetan. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 223-231).
Wilujeng, E., Sari, N. E., & Berlianantiya, M. (2022, August). Penerapan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa kelas X otomatisasi perkantoran pada pembelajaran ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 5 Kota Madiun. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 420-428).
Yuliana, L. M., & Widjaja, S. U. M. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan (JEBP), 1(12), 1195-1207.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).