EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA KELAS XI IPS DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
(1) 
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustin, N. S. P., Firdaus, A. R., & Kelana, J. B. (2021). Creative Thinking Skills In Science Learning Using The Radec Learning Model. Current Issues on Elementary Education Journal, 2(2), 89-93.
Amelia, E. D., Imran, M. E., & Anisa, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, and Create) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(3), 17890-17901.
Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of teaching and learning in higher education, 17(2), 160-166.
Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Fathurrahman, F., Muhyi, A., Arifin, B., & Huda, M. (2022). The influence of school management on the implementation of the" merdeka belajar" curriculum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1274-1286.
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Suhendra, I., & Hermita, N. (2019, November). RADEC: An alternative learning of higher order thinking skills (HOTs) students of elementary school on water cycle. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012074). IOP Publishing.
Hardianto, H., & Pilu, R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 90-99.
Kune, S., & Rukli, R. The Effect of Radec’s Learning Model Assisted by Zoom Application on Science Critical Thinking Ability during Covid-19 Pandemic Era. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 174-183.
Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146-4151.
Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332-343.
Nurnaningsih, N., Hanum, C. B., Sopandi, W., & Sujana, A. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis RADEC. Jurnal Basicedu, 7(1), 872-879.
Nursalam, & Suardi. (2022). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar. CV. AA. RIZKY.
Rahmafinia, W., Sujana, A., & Sunaengsih, C. Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran RADEC Menggunakan Zoom Meeting pada Materi Benda dan Perubahannya. Jurnal Pena Ilmiah, 4(1).
Sapitri, I., Surya, Y. F., Pebriana, P. H., Marta, R., & Kusuma, Y. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Read Answer Discuss Explain and Create (RADEC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 573-585.
Sari, D. H. N., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1).
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of critical multiliteration model with radec model on the ability of writing explanatory text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14.
Sistianingsih, W. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Siswa di MTs Negeri 3 Banyuwangi. Universitas Muhammadiyah Jember.
Sopandi, W., & Adi, P. Y. (2019). Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers. Jurnal Pendidikan, 19-34.
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Tracey Yani, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA).
Sukardi, R. R., Sopandi, W., & Riandi, R. (2021). Repackaging RADEC learning model into the online mode in science class. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012142). IOP Publishing.
Sukmawati, D., Sopandi, W., Sujana, A., & Muharam, A. (2021). Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Jurnal Basicedu, 5(4), 1787-1798.
Umar, B., Jatmiko, B., & Raharjo, R. (2018). Development Of Natural Science Learning Instruments With Contextual Approach Using Problem Solving Model To Improve Critical Thinking Skill Of Junior High School Students. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1501-1506.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56.
Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mistianah, M. (2015, April). Assesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. In Proceeding Symposium on Biology Education hal.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).