EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RADEC DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS SISWA KELAS XI IPS DI SMAN DARUSSHOLAH SINGOJURUH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Revie Priamita Kusuma Wardani(1), Syahrul Munir(2*)

(1) 
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sejauh mana peningkatan critical thinking skills pada siswa dari adanya pengimplementasian model pembelajaran RADEC dan mengevaluasi keefektifan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan critical thinking skills pada siswa sebagai salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila. Model desain dalam penelitian menerapkan non-equivalents groups pretest-posttest sementara model rancangannya berupa quasi experiment. Selanjutnya metode yang diimplementasikan untuk mengumpulkan data berupa tes critical thinking berbentuk essay dan metode dokumentasi. Lalu teknik analisis datanya yaitu metode statistic descriptive; uji N-Gain dan uji hipotesis berupa independent sample T-test. Menurut hasil uji N-Gain didapatkan adanya keefektifan yang tinggi pada model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan critical thinking skills dan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh ketidaksamaan secara signifikan dalam peningkatan critical thinking skills siswa kelas XI IPS antara model pembelajaran RADEC terhadap discovery learning dalam mata pelajaran ekonomi.

 


Keywords


Efektivitas; RADEC; Critical Thinking Skills

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, N. S. P., Firdaus, A. R., & Kelana, J. B. (2021). Creative Thinking Skills In Science Learning Using The Radec Learning Model. Current Issues on Elementary Education Journal, 2(2), 89-93.

Amelia, E. D., Imran, M. E., & Anisa, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discussion, Explain, and Create) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran IPA SD Inpres Pattallassang. Journal on Education, 6(3), 17890-17901.

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of teaching and learning in higher education, 17(2), 160-166.

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.

Fathurrahman, F., Muhyi, A., Arifin, B., & Huda, M. (2022). The influence of school management on the implementation of the" merdeka belajar" curriculum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1274-1286.

Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih, E., Suhendra, I., & Hermita, N. (2019, November). RADEC: An alternative learning of higher order thinking skills (HOTs) students of elementary school on water cycle. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012074). IOP Publishing.

Hardianto, H., & Pilu, R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 90-99.

Kune, S., & Rukli, R. The Effect of Radec’s Learning Model Assisted by Zoom Application on Science Critical Thinking Ability during Covid-19 Pandemic Era. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 174-183.

Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146-4151.

Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332-343.

Nurnaningsih, N., Hanum, C. B., Sopandi, W., & Sujana, A. (2023). Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis RADEC. Jurnal Basicedu, 7(1), 872-879.

Nursalam, & Suardi. (2022). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Integratif Moral Di Sekolah Dasar. CV. AA. RIZKY.

Rahmafinia, W., Sujana, A., & Sunaengsih, C. Penguasaan Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Melalui Pembelajaran RADEC Menggunakan Zoom Meeting pada Materi Benda dan Perubahannya. Jurnal Pena Ilmiah, 4(1).

Sapitri, I., Surya, Y. F., Pebriana, P. H., Marta, R., & Kusuma, Y. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Read Answer Discuss Explain and Create (RADEC) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(4), 573-585.

Sari, D. H. N., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1).

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness of critical multiliteration model with radec model on the ability of writing explanatory text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14.

Sistianingsih, W. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Siswa di MTs Negeri 3 Banyuwangi. Universitas Muhammadiyah Jember.

Sopandi, W., & Adi, P. Y. (2019). Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers. Jurnal Pendidikan, 19-34.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Tracey Yani, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA).

Sukardi, R. R., Sopandi, W., & Riandi, R. (2021). Repackaging RADEC learning model into the online mode in science class. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012142). IOP Publishing.

Sukmawati, D., Sopandi, W., Sujana, A., & Muharam, A. (2021). Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air. Jurnal Basicedu, 5(4), 1787-1798.

Umar, B., Jatmiko, B., & Raharjo, R. (2018). Development Of Natural Science Learning Instruments With Contextual Approach Using Problem Solving Model To Improve Critical Thinking Skill Of Junior High School Students. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1501-1506.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56.

Zubaidah, S., Corebima, A. D., & Mistianah, M. (2015, April). Assesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. In Proceeding Symposium on Biology Education hal.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).