PENERAPAN KARAKTER TOLERANSI TERHADAP SISWA MELALUI PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH (STUDI KASUS SMA PANGLIMA POLEM RANTAU PRAPAT)

Aminta Putri(1), Toni Toni(2*), Rohana Rohana(3)

(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Universitas Labuhanbatu
(3) Universitas Labuhanbatu
(*) Corresponding Author

Abstract


Karakter Toleransi adalah merupakan sikap untuk menerima suatu perbedaan, dimana seseorang tidak boleh memaksakan keyakinan kepada orang lain dikarenakan perbedaan pandangan agama, suku, kebudayaan dan perbedaan pendapat lainnya yang tidak dapat kita paksakan. “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan dasar dari keberagaman dan pemersatu bangsa Indonesia. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Penerapan Karakter Toleransi Terhadap Siswa Melalui Pelajaran PPKn di Sekolah (Studi Kasus SMA Panglima Polem Rantau Prapat). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus pada kelas (XI. MIA, berjumlah 23 Siswa/i & Kelas XI. IIS, berjumlah 25 siswa/i). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan karakter toleransi, agama, suku, budaya, perbedaan pendapat, dan materi PPKn tentang “Bhinneka Tunggal Ika” sebagai keberagaman bangsa. Masih ditemukan hasil beberapa siswa/i yang kurang paham contoh nyata dan penerapan dari materi toleransi tersebut. Untuk itu peran guru PPKn sangat diharapkan untuk memberikan pengajaran secara contoh nyata kepada siswa/i dalam penerapan karakter toleransi dengan cara memberikan materi yang mudah untuk dipahami oleh siswa/i. Pemahaman tersebut dapat diberikan dengan metode pengajaran yang sesuai dengan kurikulum standar pendidikan di sekolah.


Keywords


Karakter Toleransi; Kepada Siswa, Pelajaran PPKn

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bayu, D. C. P., Safitri, L. A., & Dzulkarnaen, R. K. (2022). Implementasi peningkatan nilai karakter toleransi melalui pembelajaran ppkn di sekolah dasar. SNHRP, 4.

Famuji, B., Wibawa, S., & Panjaitan, E. (2023). Peran Guru Pkn Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Selesai. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 12(1), 01-07.

Fatonah, S. (2022). Analisis implementasi peran guru dalam penanaman nilai karakter toleransi pada mata pelajaran PKn di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 181-190.

Fusnika, F., Hartini, A., & Cali, H. M. (2023). Analisis Nilai Toleransi Pada Mata Pelajaran PPKn Sebagai Upaya Mencegah Tindakan Intoleransi Di Kelas IX C Smpn 1 Semitau Tahun Pelajaran 2022/2023. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 103-111.

Hidayat, R., Hasan, N., & Mustofha, I. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik Di Sma Annur Bululawang Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 6(3), 195-200.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Pahrudin, A., Bahri, S., & Renaldi, R. (2023). Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Beragama Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Putro, A. D. (2017). Eksplorasi toleransi beragama pada siswa SMA Di SMA N 1 Temanggung. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(9), 573-584.

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 23(1).

Situmeang, T. A., Sintania, L. S., Lase, M., & Yunita, S. (2023). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Optimalisasi dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Siswa. Journal on Education, 5(4), 16622-16629.

Tohri, A., Rasyad, A., Sulaiman, S., & Rosyidah, U. (2021). Indeks Toleransi Antarumat Beragama Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).