ANALISIS KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER ISLAMI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN

Nurul Fatimah Hasibuan(1*), Mesiono Mesiono(2), Zaini Dahlan(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam membina karakter Islami pada siswa diperlukan adanya kegiata-kegiatan yang medukung serta keteladan dan pembiasaan yang dilakukan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian bersumber dari wawancara dengan guru mata pelajaran Aqidah akhlak, WKM dan siswa, kemudian didukung dengan dokumen-dokumen yang terkait dengan keberhasilan pembelajaran Aqidah akhlak dalam membina karakter Islami di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan. Teknik analisis data dengan penyajian data, penarikan kesimpulan dan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan uji credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektifitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis keberhasilan pembelajaran Aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan sudah sangat baik. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pendahuluan, inti dan penutup. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab. Untuk penilaian dilakukan dengan tes tertulis dan lisan. Pengimplementasian materi dengan menggunakan keteladanan dan didukung oleh kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di madrasah. Karakter Islami yang tercaai sesuai dengan visi dan misi madrasah yaitu siswa yang berakhlakul karimah.

 


Keywords


Keberhasilan Pembelajaran; Aqidah; Akhlak; Karakter Islami

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Akmalia, R., Nst, W. N., & Siahaan, A. (2023). Influence of Self-Efficacy, Organizational Culture, and Job Satisfaction on The Performance of Madrasah Aliyah Teachers. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(3), 437–453. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v8i3.4091

Alfahnum, M., Sari, R. P., & Astriani, M. M. (2022). HUBUNGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 84–91.

Anita, Y., Putera, R. F., & Ladiva, H. B. (2020). Kognitif moral dalam upaya pembangunan emotional intelligence siswa sekolah dasar. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1656

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Aziz, H. A. (2016). Karakter Guru Professional: Melahirkan Murid Unggul Menjawab Tantangan Masa Depan. Jakarta: AMP Press.

Barnawi, & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2).

Fadla, S. L., Akmalia, R., Hasri, R. K., Putri, E., & Situmorang, H. S. B. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(1), 27–36. Retrieved from https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/14

Hakim, A. G. D. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algesindo.

Hamalik, Oemar. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, S., Rahmi, W., & Yasri, A. (2022). Pola Perilaku Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Siswa di SMAN 8 MEDAN. Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (IKaMaS), 2(2).

Hotia, Sukatin, Gusvita, M., Hamid, N. C. A., Putra, R. A., & Adilla, N. (2022). Implementasi Pendidikan Berkarakter Yang Berorientasi Nilai-Nilai Moral. Muntazam: Journal Of Islamic Education Management, 3(2).

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran. BIDAYAH: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1).

Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096–6110.

Mahardhani, A. J. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills: Sage Publication.

Mulyono, A. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka.

Muyasaroh, L. (2017). Metode Tafsir Maudu’i (Perspektif Komparatif). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(2), 163–188. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-02

Nuralam, R., & Ridlo, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kepribadian Guru Akidah Akhlak terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 65–75.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurussakinah. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Pendekatan Islam Dan Psikologi. Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(1). https://doi.org/10.30821/miqot.v39i1.51

Panjaitan, N. A., & Suriadi, A. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Belajar Sambil Bermain. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.888

Ramadhan, G., Sari, D. Y., Erizon, N., & Rahim, B. (2022). Pengaruh Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Las SMAW Kelas XI di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika, 4(2), 113–117. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/vomek.v4i2.367

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis Kualitatif. Yogyakarta: Cendika.

Ratnasari, A. (2021). Meningkatkan Kreativitas, Hasil Belajar, dan Antusiasme melalui Teknik Pemodelan Kinestetik Produktif Berbantuan Media “3R Activity” pada Mata Pelajaran IPS. Paedagogie, 16(1). https://doi.org/10.31603/paedagogie.v16i1.4824

Rianawati. (2017). Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Pendidikan Akhlak. Pontianak: Top Indonesia.

Robbins, S. P., Bergman, R., Stagg, I., & Coulter, M. (2014). Management. Pearson Australia.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior 15th Ed. New Jersey: Pearson.

Siahaan, A. (2023). Perencanaan Pendidikan (Pendekatan Sistematik dalam Pengelolaan dan Perencanaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan). Medan: UMSU Press.

Sigala, L. (2016). Hubungan persepsi siswa tentang cara mengajar guru dengan motivasi belajar siswa yang pernah mengikuti remedial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4088

Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 83–96. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92

Sudjana, N. (2014). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar, cet. XVIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulastri, S., Fitria, S., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syibromilisi, S. (2021). Fungsi Pendidikan Islam Dalam Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw. Tsaqafatuna, 3(2). https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v3i2.77

Trianingsih, R., Inayati, I. N., & Faishol, R. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter), 2(1).

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Ambarwati, U. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 208–216. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.9882

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).