PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Gading Berlinda Susanto(1), Vella Anggresta(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari lingkungan belajar dan tingkat pemahaman siswa terhadap prestasi akademik siswa kelas X di SMA Negeri 5 Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X, dengan sampel acak sebanyak 81 siswa yang diambil dari 10 kelas. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer yang diperoleh langsung dari responden dan data sekunder yang mendukung hasil analisis. Teknik analisis data yang digunakan mencakup uji validitas untuk memastikan keakuratan instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis koefisien determinasi, serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa baik lingkungan belajar maupun pemahaman siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Di antara kedua variabel tersebut, lingkungan belajar memiliki kontribusi yang lebih dominan dibandingkan pemahaman siswa. Secara keseluruhan, kedua variabel tersebut mampu menjelaskan sekitar 22,5% dari variasi yang terjadi pada hasil belajar siswa kelas X di SMAN 5 Depok. Hal ini menunjukkan bahwa faktor lingkungan belajar dan pemahaman siswa secara bersama-sama memiliki dampak yang cukup kuat terhadap pencapaian hasil akademik siswa.


Keywords


Lingkungan Belajar; Tingkat Pemahaman; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afrinaval, G., & Syamwil, S. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang Dan Manufaktur Siswa Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 2 Pariaman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ecogen, 2(4), 624-633.

Al Hidayah, R., & Mashudi, M. (2021). Dampak Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMAN 2 Tebas. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 257-264.

Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62.

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Aryanthi, K. D., Suwatra, I. I. W., & Suarjana, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Air Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 33-43.

Ayuwardani, M. (2023). Pemahaman Materi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Praktek. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 1(2), 213-221.

Handayani, M., Siswantari, S., Astuti, R., & Hariyanti, E. (2020). Mendukung kualitas pembelajaran melalui sekolah aman dan menyenangkan.

Harjali, H. (2016). Belajar yang Kondusif Studi Fenomenologi pada Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Hikmah, H. D. R., & Winarsih, W. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X SMA Melalui Pembuatan Media Pembelajaran e-Poster Berbasis Website pada Materi Perubahan Lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 151-156.

Ilmiyah, N., Sari, A. C., & Febrianto, R. D. (2021). Pengaruh Tingkat Pemahaman Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran dalam Masa Pandemi Covid-19. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 113-124.

Martina, M., Khodijah, N., & Syarnubi, S. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180.

Munib, A., Budiono, & Suryono. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Ompusunggu, M. N., Sihombing, S., & Sinaga, A. T. I. (2023). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 3040-3052.

Parni, P. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(1).

Pratama, H. J., & Ghofur, M. A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa saat pembelajaran daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1568-1577.

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan Dan Hasil Belajar: Domain Dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146.

Rahim, A., Masni, H., Afrila, D., Hutabarat, Z. S., Yarmayani, A., Pamungkas, A., & Syaputra, D. (2023). Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara, 1–23.

Ramadania, D., Gultom, B. T., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 454-457.

Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Umsida Press.

Umar, J. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Terhadap Mata Pelajaran Agama Islam pada Siswa SMP Negeri 1 Delima Pidie. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(2), 180-191.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-faktor determinan hasil belajar siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.25019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).