PENGEMBANGAN E-BOOK BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KELAS V SD

Puput Elsa Maulida(1), Zulherman Zulherman(2*)

(1) University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book IPAS berbantuan Flip PDF Professional pada materi Harmoni Ekosistem untuk meningkatkan literasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis, ditemukan kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif. Desain E-Book disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Flip PDF Professional untuk membuat E-Book interaktif dengan fitur multimedia. Implementasi dilakukan di SD Negeri Baru 03 Pagi dan SDN Cijantung 01 Jakarta, dengan siswa kelas V yang menggunakan E-Book selama proses pembelajaran. Evaluasi meliputi penilaian keefektifan E-Book melalui tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book IPAS berbantuan Flip PDF Professional efektif meningkatkan literasi siswa. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman tentang konsep Harmoni dalam Ekosistem serta peningkatan minat dan motivasi belajar. Kuesioner reaksi siswa menunjukkan bahwa mayoritas siswa menganggap E-Book ini menarik, interaktif, dan membantu dalam memahami materi. Kesimpulannya, E- Book IPAS berbantuan Flip PDF Professional merupakan salah satu alternatif media pembelajaran inovatif yang efektif untuk meningkatkan literasi dan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.


Keywords


Media E-book; Flip; PDF Professional; Harmoni; Ekosistem

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cahyawulan, W., & Rachmawati, D. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Suluh Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 140-146.

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418-426.

Gofur, A., & Kustjiono, R. (2015). Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Sebagai Sarana Belajar Siswa Sma Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4(02), 176-180.

Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503

Wartoni, W., & Benyamin, P. I. (2020). Strategi pengembangan tes objektif (pilihan ganda). Diegesis: Jurnal Teologi, 5(1).

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345.

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal Bioeduin, 8(1), 26-33.

Meilana, S. F. & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berbasis media nearpod dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Pena Literasi, 4(2), 80-91.

Prasetyo, D., & Zulherman, Z. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1709-1718.

Rizkiana, N. Y., & Zulherman, Z. (2023). E-Book Berbantuan Flipsnack Untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1430-1436.

Zulherman, Z., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application for Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 754–764. https://doi.org/10.23887/JPI-UNDIKSHA.V10I4.29429

Zulherman, Z., Iba, K., Paramita, A. A., Supriansyah, S., & Aji, G. B. (2021). The Influence of The Question Box Media Assisted Teams Games Tournament Model on Science Learning Outcomes at Elementary School. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 0(0), 88–96. https://doi.org/10.17977/UM009V30I12021P088.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).