PENGEMBANGAN MODUL KONSELING COGNITIVE READINESS SISWA SMK

Siti Uswatun Hasanah(1), Cici Yulia(2*), Nory Natalia(3), Masril Masril(4)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(4) UIN Mahmud Yunus Batusangkar
(*) Corresponding Author

Abstract


Mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam proses belajar dan dalam menghadapi situasi tidak terprediksi tentu perlu memiliki cognitive readiness yang baik. Cognitive readiness merupakan cara bagaimana individu dapat mempersiapkan dirinya dengan lebih baik dan siap dalam menghadapi tantangan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi kelayakan media modul konseling cognitive readiness dalam meningkatkan cognitive readiness siswa. Research and Development (R&D) merupakan metode yang digunakan dalam penelitian, dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement dan evaluation. Namun pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap ketiga yaitu development. Modul konseling cognitive readiness siswa SMK adalah modul yang di dalamnya berisikan tentang materi dari cognitive readiness, aspek-aspek cognitive readiness dan faktor yang mempengaruhi cognitive readiness itu sendiri. Modul yang dikembangkan sudah melalui tahap uji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media dengan nilai presentase sebesar 89%, penilaian validitas oleh uji ahli materi/konten dengan hasil validitas 93% dan penilaian dari praktisi media yaitu Guru BK dengan perolehan presentase sebesar 87% . Dari hasil penilaian yang dilakukan memperoleh kesimpulan bahwa modul konseling cognitive readiness sangat layak untuk dikembangkan dan digunakan oleh Guru BK maupun siswa.


Keywords


Modul Konseling; Cognitive Readiness; SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agip, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bierman, K. L., Torres, M. M., Domitrovich, C. E., Welsh, J. A., & Gest, S. D. (2009). Behavioral and cognitive readiness for school: Cross?domain associations for children attending Head Start. Social Development, 18(2), 305-323.

Branch, R. M. (2010). In Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Fajriah, U. N., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Bimbingan Karir Pada Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal. 6(2), 421-432.

Fletcher, J. D. (2004). Cognitive readiness: Preparing for the unexpected (IDA Document D-3061). Alexandria, VA: Institute for Defense Analyses.

Hidayat, D. R., Amalia, A. A., Ramadhani, D., Nurfatimah, D. A., Amatullah, N. W., & Adawiyah, R. (2021). Adaptabilitas karir mahasiswa Universitas Negeri Jakarta selama masa pandemi Covid-19. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(2), 108-120.

Jamaludin, A. D., & Wardana, D. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center.

Karneli, Y., Neviyarni., Firman., & Yulidar. (2020). Pengembangan Modul Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. 6(1), 43-49.

Khairani, C. P., & Mudjiran. M. (2022). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk meningkatkan karakter tangguh siswa dalam belajar. JRTI (Jurnal Roset Tindakan Indonesia). 7(4), 642-650.

Laksmi, I. A. A. W., Dantes, N., & Dharsana, K. (2021). Pengembangan Modul Konseling Behavioral untuk meningkatkan Self-achievement Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 6(1), 1-7.

Leksana, D. M., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan Karier Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. 2(1), 1-9.

Mason, P. A., & McQuade, J. S. (2013). Preface to the Special Issue on Exploring Cognitive Readiness in Complex Operational Environments: Advances in Theory and Practice, Part III. Journal of Cognitive Engineering and Decision Making, 7(1).

Morrison, J. E., & Fletcher, J. D. (2002). Cognitive readiness (IDA Paper P-3735, Contract DASW01 98C0067). Alexandria, VA: Institute for Defense Analyses.

O’Neil, H. F., Perez, R. S., & Beker, E. L. (2014). Teaching and Measuring Cognitive Readiness . New York: Springer US

Prayitno. (2009). Wawasan Profesional Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pendidikan PUSTEKKOM Depdiknas

Rhepon, S., Nirwana, H & Marjohan. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling yang dapat digunakan Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor untuk Peningkatan Self-Esteem (Penghargaan terhadap Diri Sendiri) Siswa. Konseling. 5(1), 66-71.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pembelajaran Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Kencana

Tamrin, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3747–3754.

Tausikal, J. M. S., Mudjiran., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa. Konselor. 5(3), 133-138.

Yandri, H., Daharnis, & Nirwana, H. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. KONSELOR: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).