PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING

Titin Supriyatin(1*)

(1) Universitas Indrapasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasisiwa dalam pembelajaran hybrid learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survey korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan merupakan seluruh mahasiswa semester 2 program studi pendidikan biologi di salah satu universitas swasta jakarta selatan yang mengikuti mata kuliah kalkulus integral sebanyak 130 mahasiswa, sehingga penelitian ini menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soal essay. Uji prasyaratan analisis data dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan Uji Chi Kuadrat diketahui bahwa kedua data dari setiap variabel penelitian berdistribusi normal. Uji regresi sederhana dengan Uji Linearitas diperoleh model regresi data adalah regresi linear. Dalam Uji Keberartian Koefisien Regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak dan HI diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif antara kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam pembelajran hybrid learning.


Keywords


Kemandirian Belajar; Kemampuan Pemahaman; Konsep Matematika; Hybrid learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amin, A., & Hadiwinarto, H. (2022). Evaluasi kemandirian belajar IPA siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 1-8.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal pendidikan matematika, 12(2), 1-12.

Azmi, M. P. (2019). Analisis pengembangan tes kemampuan analogi matematis pada materi segi empat. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 099-110.

Harlina, H., Ramlawati, R., & Darmiati, D. (2023). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tinambung. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 39-45.

Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1).

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116.

Isnaniah, I. (2017). Peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis proyek pada perkuliahan media pembelajaran matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83-91.

Raes, A., Detienne, L., Windey, I., & Depaepe, F. (2020). A systematic literature review on synchronous hybrid learning: gaps identified. Learning environments research, 23, 269-290.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).