PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA AI OF SELFI UNTUK SELF IMAGE PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Siti Ainul Wardah(1), Cici Yulia(2*), Melina Lestari(3)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author

Abstract


Self image merupakan penilaian seseorang dalam menggambarkan dirinya maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media ular tangga AI OF SELFI (Adventure Icon Of Self Image) peserta didik dengan menggabungkan konten berisi afirmasi positif, pernyataan motivasional, pertanyaan reflektif, dan aktivitas untuk penguatan self image positif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, yaitu model sistematis untuk merancang dan mengembangkan program pelatihan dan media layanan dalam layanan konseling. Terdiri dari lima tahap: analyze (analisis kebutuhan dan tujuan yang berkaitan dengan self image), design (perancangan strategi layanan konseling), development (pengembangan konten dan media self image), implementation (pelaksanaan program layanan konseling), dan evaluation (evaluasi efektivitas dan efisiensi media ular tangga AI OF SELFI). Model ini memastikan bahwa setiap tahap direncanakan dan dievaluasi secara menyeluruh, sehingga pemberian layanan konseling yang dihasilkan efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media ini secara signifikan dapat menjadi penunjang layanan bimbingan dan konseling terkait self image peserta didik. Temuan ini berdasarkan hasil implementasi dan evaluasi media ular tangga AI OF SELFI, sehingga mengindikasikan media ini efektif sebagai penunjang dalam memperkuat self image peserta didik. Kesimpulannya, media ular tangga AI OF SELFI menawarkan metode inovatif dalam media konseling dan mudah diakses untuk mendukung self image positif peserta didik. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi media dalam proses konseling untuk kehidupan positif peserta didik. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi media ular tangga AI OF SELFI pada berbagai kelompok usia dan konten yang berbeda.


Keywords


Media Layanan BK; Self Image; Ular Tangga; ADDIE

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agniarahmah, A., Yulia, C., & Stevani, H. (2023). KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(1), 8-13.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). New York: Springer.

Hawasi, O., Yulia, C., & Yunus, A. (2022). KEEFEKTIFAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI COPING STRESS. Research and Development Journal of Education, 8(2), 511-517.

Jersild, A. T. (1963). The Psychology of Adolescence. London: The Macmillan Company.

Said, A., & Budimanjaya, A. (2017). 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).