X_SELFI: PENGEMBANGAN MEDIA KARTU SELF IMAGE PADA PESERTA DIDIK SMK

Zahrah Azzahidah(1), Cici Yulia(2*), Melina Lestari(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Self Image merupakan cara bagaimana individu mengenali gambaran tentang dirinya dan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media kartu X_SelfI (Exploring Self Image) pada peserta didik. Media kartu X_SelfI merupakan inovasi media konseling yang menggabungkan afirmasi positif dan pertanyaan reflektif untuk mendorong refleksi diri dan penguatan self image positif. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE, yaitu model sistematis untuk merancang dan mengembangkan program pelatihan, media pembelajaran, kurikulum dalam layanan konseling. Terdiri dari lima tahap: analyze (analisis kebutuhan dan tujuan yang berkaitan dengan self image), design (perancangan strategi layanan konseling), development (pengembangan materi dan media self image), implementation (pelaksanaan program layanan konseling), dan evaluate (evaluasi efektivitas dan efisiensi media kartu X_SelfI). Model ini memastikan bahwa setiap tahap telah direncanakan dan dievaluasi secara menyeluruh, sehingga pemberian layanan konseling yang dihasilkan efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media kartu X_SelfI secara signifikan layak diberikan pada peserta didik. Temuan ini berdasarkan hasil implementasi dan evaluasi media kartu X_SelfI, sehingga mengindikasikan media kartu X_SelfI efektif sebagai alat bantu dalam memperkuat self image peserta didik. Kesimpulannya, media kartu X_SelfI menawarkan metode inovatif dalam media konseling dan mudah diakses untuk mendukung pengembangan self image positif pada peserta didik. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi media pemberian layanan dalam proses konseling untuk menjadikan kehidupan sehari-hari peserta didik yang efektif. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi media kartu X_SelfI pada berbagai kelompok usia dan konten yang berbeda.


Keywords


Self Image; Pengembangan; Media Kartu; X_SelfI; ADDIE

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bagaskara, A. P., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan media kartu karir melalui bimbingan kelompok untuk perencanaan karir siswa kelas X. Jurnal Selaras, 4(2), 75–85.

Branch. (2010). Instructional Design. In Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship. https://doi.org/10.1007/978-3-319-15347-6_300893

Jersild, A. T. (1963). Psychology Of Adolescence.

Muharis, R. D., & Yulia, C. (2022). EFEKTIVITAS MEDIA FLASHCARD DALAM MENIGKATKAN SELF CONTROL PESERTA DIDIK. Research and Development Journal of Education, 8(2), 683-689.

Mulyani, N., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Canva Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(2), 518-524.

Saadah, B., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Pada Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(2), 572-579.

Sativa, D. Y. (2012). Penggunaan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Kolomno Sleman Yogyakarta. Skripsi, 1–21.

Yulia, C., Syahputra, Y. D., & Kartika, A. W. (2021). Gambaran Keefektifan Penggunaan Media Kartu dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Jurnal al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 63-73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).