HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 50 JAKARTA

Rina Wahyuni(1), Nuraini Nuraini(2), Cici Yulia(3*)

(1) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF.DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sulitnya menyesuaikan diri pada lingkungan sekolah yang baru terutama pada masa perpindahan jenjang sekolah dari SMP ke SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 50 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 50 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Dalam penelitian ini jenis intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Populasi pada penelitian ini sebanyak 244 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling, dengan rentang sampel yang diambil sebanyak 10% dari populasi sehingga total sampel sebanyak 71 responden. Instrumen yang digunakan pada hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa berbentuk kuesioner. Dalam kuesioner untuk menilai hubungan dukungan sosial dengan penyesuaian diri mengunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Negeri 50 Jakarta.


Keywords


Hubungan; Dukungan Sosial; Penyesuaian Diri

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, M., & Asrori, M. (2018). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dan Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja Kelas X SMA Angkasa I Jakarta. Ikraith-Humaniora, 2(2).

Christianti, A., & Setiawati, C. L. (2023). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Yang Berdomisili Di Dormitory Unika Atma Jaya. Jurnal Psiko Edukasi, 21(2), 106–122. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4947

Nishfi, S. L., & Handayani, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Pondok Modern Selamat 2 Batang. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.47679/jopp.311132021

Putri, H. J. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas X SMA Lab School PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2017). Health Psychology Biopsychosocial Interactions (9 ed.). John Willey & Sons Inc.

Scheneiders, A. A. (1960). Personal Adjusment and Mental Health . Holt Rineheart & Winston.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Kunatitatif Kualitatif R&D . Alfabeta.

Taylor, S. E. (2012). Health Psychology (8th ed.). McGraw-Hill Compaine.

Zalika, R. D., & Rusmawati, D. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren Kelas X MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Jurnal Empati, 11(2), 72–79.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.24478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).